LANGKAT - Karlina Miranda br Tarigan  Pengawas Kelurahan Desa (PKD) Kaperas kecamatan Kutambaru terpeleset dan terjungkal dari sepeda motornya saat bertugas melakukan pengawasan pencocokan penelitian (coklit) data pemilih pemilu 2024. Informasi dihimpun Senin (20/2)2023) dari ketua Panitia Pengawas Pemilihan umum (Panwaslu)  Kecamatan Kuta Mbaru, Purnama SE memaparkan kejadiannya Jumat (17/2/2023) sekira pukul 17.00 WIB.
 
Ketika korban hendak beranjak pulang. Cuaca hujan dan tiba di Dusun Cangkulan desa Kaperas akibat infrastruktur buruk /jalan licin sepeda motor pengawas pemilu itu terjungkal dan terhempas dan menukik saat menuruni jalan menuju Sei Sulkam desa itu.
 
"Benar, kondisi infrastruktur cukup ekstrim dibarengi hujan sehingga PKD (korban) lepas kendali  sehingga terjungkal ke jalan," beber Purnama.
 
Disinggung tentang kondisi korban, Purnama mengalami lecet ringan bagian lengan dan terparah  bagian perut meski tidak ada luka namun diduga terkilir cukup parah.
 
Pasca musibah, korban diboyong keluarga ke daerah kecamatan Kuala untuk dirawat  intensif  secara alternatif/ tradisional. 
 
Menjawab wartawan, Purnama menjelaskan untuk sementara tugas PKD desa itu dalam pengawasan Verifikasi Faktual ( Verfak) Calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) serta pemutahiran data  pemilih (Pantarlih) saat Pencocokan penelitian (Coklit) di back- up panwaslu kecamatan dan PKD terdekat.
 
Diakhir perbincangan, Purnama bilang, hingga saat ini korban sulit diajak berkomunikasi namun informasi dari kerabatnya kondisinya telah mulai membaik pungkas Purnama.
 
Terpisah salah seorang pimpinan Bawaslu Langkat,  Riono  Hardiman dikonfirmasi prihatin dengan kejadian pihaknya menghimbau jajaran Bawaslu hingga ke tingkat desa agar senantiasa waspada dengan segala kemungkinan di lapangan.
 
Menurutnya kondisi Langkat di tiga wilayah yakni Langkat Hulu kulturnya berbukit-bukit/pegunungan, infrastruktur masih butuh pembenahan.
 
Langkat Hilir merupakan dataran rendah, kawasan padat dan rawan banjir dan  kecelakaan lalulintas. Sementara daerah Teluk Aru merupakan daerah pesisir bahkan ada beberapa desa berada di pulau kecil.