PALAS - Warga lingkungan VII, Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padanglawas (Palas) portal jalan umum, Senin (20/2/2023). Pemortalan jalan umum ini dipicu kekesalan warga karena proyek jalan lintas menuju Kecamatan Sosopan tersebut, tidak kunjung diaspal oleh pihak Dinas Bina Marga Provinsi Sumut.
 
Salah seorang tokoh masyarakat lingkungan VII, Mansyur Harahap mepngatakan, warga kecewa terhadap proyek jalan yang tidak kunjung diaspal sehingga menimbulkan abu beterbangan ke rumah warga dan menimbulkan penyakit infeksi penapasan khusus kalangan anak-anak.
 
"Dampak abu ini sudah sangat meresahkan, sehingga tidak sedikit warga yang mengalami batuk-batuk dan lainnya," beber Mansyur menyampaikan keluhan warga.
 
Mansyur menambahkan, jika jalan umum yang dikerjakan kontraktor dari Provinsi Sumut ini, tidak juga melakukan pengaspalan, masyarakat akan menutup akses jalan umum menuju Kecamatan Sosopan ini.
 
Kadis Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten, Yani Pohan menyampaikan, terkait hal ini,pihak PU Palas telah  mengkonfirmasi dengan Dinas PU Provinsi Sumut dan pihak Kontraktor lewat zoom bahwa  jalan tersebut segera di aspal oleh pihak pelaksana pekerjaan.
 
Menurut Yani, pengerjaan jalan ini dikerjakan pihak kontraktor yang  anggaran dari Provinsi Sumut.
 
"Kita meminta pihak kontraktor segera mengaspal jalan yang sudah dalam kondisi di best tersebut," terangnya.
 
Terkait prsoakan abu yang beterbangan ke rumah - rumah warga dan mengganggu penguna jalan, Yani menyebutkan,akan dilakukan penyiraman setiap hari agar abu tidak mengganggu lagi, pungkasnya.