PALAS - Ponpes Darul Adaalah, Kecamatan Lubuk Batumun, Kabupaten Padanglawas (Palas) kembali menggelar festival perlombaan Dai Cilik ke VI Tahun 2023. Kegiatan perlombaan dai cilik berlangsung selama 3 hari dimulai 17- 19 Ferbuari 2023 yang diikuti peserta tingkat SD, MDTA se Kabupaten Palas.
 
Ketua Panitia, Dirham Lubis mengatakan, kegiatan perlombaan ini telah dilaksanakan selama enam tahun oleh pihak Pondok Pesantren Darul Adaalah.
 
Dikatakan, mulai lomba pidato pemberatas buat aksara Al Quran, cerdas cermat, adzan, mujawwad, nasyid,tahfiz, shalat jenazah dan lomba doa.
 
Plt  Bupati Padanglawas, drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM M.Si MH secara resmi membuka festival da’i cilik tingkat MDTA dan SD se Kabupaten Palas memperebutkan tropi bergilir Plt Bupati Palas, Jumat (17/2/2023).
 
Ia berharap, kegiatan festival dai cilik  menjadi  rutinitas dan bersinergi dengan pemerintah kabupaten Palas sekaligus membentuk karakter generasi muda yang qur’ani.
 
Dikesempatan itu, Plt Bupati memberikan bantuan berupa sepeda sebanyak 12 unit dan Kapolres Palas, AKBP Indra Yanitra Irawan.SIK.MSi juga memberikan 4 unit sepeda.
 
"Jumlah sepeda keseluruh sebanyak 17 unit ini dipersembahkan untuk hadiah bagi peserta festival dai cilik yang meraih juara dalam perlombaan," katanya.
 
Sebelumnya, Ketua Yayasan Ponpes Darul Adalah Pasar Latong Ustadz Rahmad Marbun mengatakan, semoga dengan kegiatan ini melahirkan hafiz dan hafizah penerus bangsa dan menjadi estafet penerus untuk menbentuk karakter yang islami.
 
"Melalui festival dai cilik ini bermanfaat untuk menempah generasi bangsa yang berakhlak mulia dan melahirkan dai yang berkompeten," ujarnya.
 
Ia menambahkan, terdapat  60 Madrasah Diniyah yang ikut andil dalam memeriahkan festival da’i cilik dengan jumpah peserta sebanyak 1200 orang,tutupnya.
 
Hadir dikegiatan pembukaan festival da’i cilik, Kapolres Palas, AKBP Indra Yanitra Irawan SIk.MSi, Sekda Palas, Arpan Nasution.S.Sos, Inspektur Harjusli Fahri Siregar.SSTP.
 
Ketua Ikatan Da’i Indonesia (IKADI) Padang Lawas M.Yusuf Pasaribu. S.Pd, Kadis Pertanian, Fitri Falah, Kadispora, M Rasyidi Hasibuan, Kadis Perikanan dan Peternakan Agus Salim Hasibuan, Ketua Ormas, OKP, dan Pengurus Partai Gerindra Palas serta para orangtua santri dan santriwati.