SIBOLGA - PT Agincourt Resources (PTAR), pengelola Tambang Emas Martabe terus berkontribusi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Batang Toru. Guru Fisika SMKN 2 Batangtoru, P Nasution, Rabu (25/1/2023) mengatakan setiap tahun sekolah SMKN 2 ini terus melahirkan putra putri bangsa yang tidak lagi diragukan kemampuannya dalam segala jurusan yang ada. Sebagian dari siswa-siswi yang tamat juga banyak yang langsung kerja atau melanjutkan kuliahnya. 
 
Pada saat ini yang menjadi fokusnya di sekolah tersebut program teknik alat berat, makanya pihak sekolah terus meminta kepada Martabe terus mensuport perkembangan kurikulum, fasilitas dan kunjungan industri. 
 
"Harapan kami hubungan kemitraan ini jangan terputus," pinta P Nasution.
 
Sekolah yang berdiri pada tahun 2012 ini masuk pada tahun kedelapan. Sudah sekitar delapan tahun sampai saat ini Martabe terus bermitra kepada sekolah SMKN 2 Batangtoru yang satu-satunya ada  jurusan pertambangan di Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.
 
Di SMKN 2 Batangtoru sampai saat ini ada sebanyak 520 siswa, di sekolah tersebut perlu diketahui selain ada jurusan teknik alat berat, ada lagi jurusan geologi pertambangan, pembangkit listrik, dan teknik permesinan.
 
"Di tahun ke delapan ini siswa yang tamat sudah 10 persen sih yang bekerja. Kami juga meminta mitra kami ini terus banyak melakukan kunjungan dan memberikan pendidikan soal ilmu pertambangan," sebutnya.
 
Masih kata P Nasution, apalagi guru tamu dari Martabe juga sering berkunjung ke sekolah berbagi ilmu pengetahuan, soal geologi pertambangan dan teknik alat berat kegiatan itu dilakukan dalam sebulan sekali, dan juga sebaliknya.
 
"Dikalangan masyarakat sekolah ini disebut sekolah favorit, ditambah lagi dukungan dan motivasi warga banyak mendorong anaknya untuk bersekolah disini, terutama itu tadi dekat dengan PT AR," timpalnya, sembari mengatakan terimakasih banyak  kepada PT Agincourt Resources yang terus mendukung majunya pendidikan di Batangtoru.