TOBA -PT.TPL Sektor Habinsaran diawal tahun 2023 kembali menyalurkan dukungan bantuan Bibit Alpukat sebanyak 110 Poko kepada Kelompok Tani Hutan (KTH) Lam Miduk di Desa Tungkonisolu, Kecamatan Habinsaran, Kabupaten Toba, Rabu (25/01/2023).
 
Pemberian bantuan oleh perusahaan penghasil bubur kertas (Pulp) ini kepada warga yang tergabung dalam Kelompok Tani Hutan (KTH) Lam Miduk di Desa Tungkonisolu sebagai bentuk implementasi kepedulian perusahaan terhadap masyarakat sekitaran wilayah lahan operasi Perusahaan Toba Pulp Lestari.

Bantuan Bibit Alpukat sebanyak 110 pokok melalui perwakilan Management Agus Prasetyo Asisten Program Intercrop dan Waldiman Harianja Staff Program Intercrop TPL Sektor Habinsaran menyerahkan langsung kepada Waldemar Rajagukguk selaku Ketua KTH Lam Miduk.

Asisten Program Intercrop PT.TPL Agus Prasetyo dalam keterangannya kepada www.gosumut.com menyebutkan, KTH Lam Miduk beranggotakan sebanyak 20 KK berada di wilayah operasional PT.TPL Sektor Habinsaran.

"Kelompok ini sudah menjalin kerjasama kemitraan dengan perusahaan TPL selama 1 tahun lebih sejak dimulai pada Juli 2021".

Lanjutnya, Kelompok Tani Hutan Lam Miduk desa Tungkoni Solu ini merupakan salah satu kelompok tani hutan yang diberdayakan perusahaan untuk pengembangan KTH.dwngan pemberdayaan Kelompok Tani Hutan ini perusahaan berharap supaya perkembangan hidup dan peningkatan perekonomian masyarakat desa.

Hal ini diharapkan mampu tercapai melalui pertumbuhan tanaman pendukung peningkatan perekonomian akan kehidupan masyarakat salah satunya Alpukat serta beberapa jenis tanaman keras berbuah lainnya untuk meningkatkan mata pencaharian petani dan meningkatkan sumber daya manusia serta mewujudkan kemandirian warga desa.

Melalui bantuan dukungan Bibit Alpukat yang diberikan perusahaan, kedepan diharapkan mampu memacu semangat para petani dan merawat tanaman Alpukat tersebut dengan baik supaya kedepan memberikan hasil buah yang berkualitas baik dan memiliki nilai jual yang bagus bagi warga untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan petani,” ujar Agus.

Ketua Kelompok Tani Hutan (KTH) Lam Miduk desa Tukkoni Solu Waldemar Rajagukguk, menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada TPL yang telah membantu masyarakat terutama kelompok tani di desa mereka.

Disampaikan Waldemar, dengan dukungan yang diberikan oleh TPL merupakan bentuk dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan serta komitmen perusahaan terhadap pembangunan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat pada ekonomi, sosial dan lingkungan kepada masyarakat di sekitar wilayah operasionalnya.

Diakui Waldemar, beberapa bantuan telah diberikan perusahaan disebelum sebelumnya kepada kami baik melalui program-program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat dengan berbagai programnya kepada kami para petani terkhusus di desa kami untuk meningkatkan taraf hidup perekonomian kami warga desa Kelompok Tani Hutan Tukkoni Solu.sudah banyak dukungan dan pendampingan yang kami terima selama ini dari perusahaan, dimana hal tersebut membuktikan bahwa TPL peduli dengan masyarakat petani “ ujar Waldemar.

Waldermar menambahkan, dengan kerjasama yang sudah terjalin baik dengan perusahaan, semangat para anggota KTH Lam Miduk semakin bertambah dan tetap bekerja keras kedepannya untuk mengelola lahan yang ada agar lebih produktif dan menghasilkan demi kesejahteraan masyarakat.