PALAS - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padanglawas (Palas) H. Abdul Manan.MA bersama Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) H. Abaror.SPd  mengikuti rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2023 secara virtual. Rapat koordinasi ini diikuti seluruh Kementerian Agama Kabupaten/Kota sesuai dengan surat Sekretaris Jenderal Kemenag RI Nomor 0175/SJ/B.IV.4/OT.01.2/01/2023.

"Kegiatan rapat koordinasi dipimpin langsung oleh Menteri Agama H. Yaqut Cholil Qoumas menjelaskan bahwa kuota haji tahun 2023 ditetapkan sebanyak 221.000 orang jamaah,"kata H.Abdul Manan menyimak rangkaian rapat koordinasi tersebut, Kamis (18/1/2023).

Usai mengikuti rakor tersebu,Kakan Kemenag Palas meminta, Kasi PHU untuk bekerja lebih keras dan ekstra. Sebab, kuota haji di tahun 2023  ini adalah 100 persen. 

Dikatakan, sesuai arahan Menteri Agama RI  masih terus melakukan komunikasi dengan pihak Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi agar adanya penambahan kuota untuk Indonesia sehingga dengan ini dapat memperkecil daftar tunggu calon jamaah haji Indonesia.

“Kuota haji Indonesia pada tahun 2023 ini telah ditetapkan sebesar 221.000 orang jamaah. Jumlah ini terdiri dari 203.320 jamaah haji regular dan 17.680 jamaah haji khusus. Alhamdulillah tahun ini tidak ada pembatasan usia terhadap calon jamaah haji," katanya.

Ia berharap, Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Palas bisa bekerja lebih ekstra dalam mempersiapkan penyelenggaraan haji tahun 2023 ini. 

Dengan melaksanakan pengecekan kembali paspor jamaah calon haji yang sempat tertunda. Jika sudah habis masa berlakunya maka segera diperpanjang ke Kantor Imigrasi  Sibolga, imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah(PHU) Abaror.SPd mengatakan, siap memberikan layanan prima terbaik bagi seluruh calon jamaah haji Indonesia, khususnya calon jamaah haji Kabupaten Palas.