PALAS -Kepala Desa harus mampu inovatif dan kreatif mengali potensi desa mewujudkan kesejahteraan masyarakat.
 

Para kepala desa terpilih hasil pilkades yang baru dilantik dan sudah serah terima jabatan dengan kepala desa yang lama harus memiliki komitmen dan integritas yang baik menjadi panutan masyarakat.

Hal itu disampaikan Plt Bupati Palas, drg H. Ahmad Zarnawi Pasaribu. CHt. MM. MSi. MH disela menghadiri kegiatan serah terima jabatan (Sertijab) Kepala Desa se Kecamatan Sosa, Senin (9/1/2023).

Menurut Plt Bupati, kepala desa harus bergerak cepat, inovatif dan kreatif untuk mengali potensi di desa sehingga memberikan dampak positip untuk kesejahteraan masyarakat.

Selain itu,katanya kepala desa juga harus melek digitalisasi serta mampu menggali semua potensi desa dengan baik guna tercapainya pembangunan desa yang mandiri dan sejahtera.

Ia juga berharap, sebagai pemimpin desa harus lebih peka terhadap segala persoalan desa baik menyangkut pembangunan ke masyarakat serta sosial, sehingga memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi kelangsungan kemajuan desa.

"Laksanakan tugas dengan baik dengan melakukan pemberdayaan dan pembinaan untuk kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat desa," ujar Plt Bupati di hadapan kepala desa yang sertijab jabatan dari pejabat lama kepada pejabat baru.

H.Ahmad Zarnawi juga berpesan, kepala desa harus menjadi pimpinan yang inovatif, kreatif dan merakyat. Artinya selalu turun langsung ke masyarakat untuk melihat dan mengetahui kondisi, potensi dan permasalahan yang ada di wilayah desa.

"Kepala Desa yang kreatif dan inovatif tentu memiliki kemampuan menggali dan mengoptimalkan potensi sumber daya manusia dan objek yang menjadi potensi desa untuk mendukung perkembangan dan kemajuan desa yang dipimpin," pesannya.

Lanjut Plt Bupati menambahkan, optimalkan kearifan lokal dan mengelola PAD desa secara efektif, efisien dan transparan sebagai budaya yang sifatnya keterbukaan informasi publik.

Ia menambahkan,pemerintah desa merupakan salah satu pilar otonomi daerah yang berada di garda terdepan dalam pembangunan daerah, sehingga kepala desa harus mampu menguasai semua potensi yang ada serta mampu memberdayakan dan memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat.

"Kepala Desa harus menampung aapirasi dan keluhan warga dengan baik serta memiliki program yang dapat membangkit kemajuan desa untuk menopang kesejahteraan masyarakat," tambahnya.

Plt Bupati juga mengingatkan, jangan lari dari tanggung jawab sebagai kepala desa, tetapi tunjukan kinerja yang baik yang memberi nilai positif ditengah masyarakat.