MEDAN - Ingin nikmati citasa makanan non halal ala panggangan Korea? atau sambil menikmati di ruangan terbuka? Mungkin restoran yang satu ini bisa menjadi pilihan bagi kalian.
Ya, Restoran Mabac namanya. Restoran ini terletak di Jalan Boulevard Timur No.88, Medan Estate, Cemara Asri, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Jadi untuk makanan non halal, di restoran ini kalian bisa menikmati citarasa makanan non halal. Dimulai dari jenis pangang, jenis goreng, Roasted Pork Belly, dan restoran ini lebih menyajikan makanan Korean Barbeque fusion.

"Kami dari Restoran Mabac hadir pertama di Medan dengan konsep Korean Barbeque versi outdoor. Jadi versi Korean Barbeque outdoor ini kami satu-satunya yang ada di Medan," ujar Owner Restoran Mabac, Ricardo di sela grand opening Restoran Mabac, Kamis (5/1/2023).

Jadi untuk menikmati masakan-masakan seperti bebek peking, Restoran Mabac juga menyediakan makanan ini.

"Konsepnya kita itu Korean Barbeque yang outdoor, jadi bisa makan, bisa minum, jadi enggak terlalu pengap dengan asap kalau di indoor, beda dengan restoran yang lain-lain," sebutnya.

Korean Barbeque yang disajikan di restoran ini, sambung Ricardo, jika biasanya restoran lain memakai kompor gas, namun di Restoran Mabac menggunakan media arang.

"Jadi hasil dari panggangan menggunakan arang menjadi lebih wangi, lebih otentik, lebih dapet citarasa Korean Barbeque-nya itu. Jadi produk non halal, tapi kita di sini hanya untuk golongan tertentu lah, jadi bisa semua jenis produk non halal ini bisa dinikmati, ada Siobak, ada Korean Barbeque, dimix lah gitu, ada yang versi Western, Chinese, versi Korean," jelasnya.

Menurut Ricardo, sebelum membuka restoran ini, dia menyebut jika sekitar 4-5 tahun lalu dirinya menjual produk non halal dengan sistem penjualan online dengan kemasan yang sudah didinginkan (frozen).

"Online-nya udah jalan, udah 4-5 tahun. Baru kita mulai coba naik kelas buat yang ready to eat. Biasanya kita jual yang frozen, semua difrozenkan. Orang mau makan, orang makan di rumah atau enggak pas mereka mau tamasya, ke Berastagi atau kemana, mereka tinggal panggang di villa, jadi enggak usah dibumbui lagi, karena kita udah bumbui ketika difrozenkan, kita udah siapin dari awal, jadi mereka tinggal panggang aja," tandasnya.

Selain di Medan, mereka juga ada di Jakarta. Hanya saja tidak seperti di Medan yang membuka restoran Korean Barbeque secara outdoor. Di Jakarta, masih dalam penjualan online saja.

Di Medan sendiri, Restoran Mabac menyediakan makanan non halal seperti Buta Chansu for Ramen Toping, Roasted Pork Belly, Add On Korean Kimchi, Pork Chicarron, Marinated Pork Samgyeopsal, Korea BBQ Spicy, Whole Roasted Pecking Duck, Add On Lettuce, Korean Sweet Oriental dan lainnya.

"Untuk harga juga sangat terjangkau, dimulai Rp12.000 sampai Rp250.000," tutupnya.