MEDAN - Wirausaha Forum Komunikasi Muslimah Indonesia (FKMI), menunjukkan eksistensinya dalam mendukung bertumbuhnya usaha. Bahkan di tahun 2023 ini, FKMI menargetkan akan lebih fokus pada pengembangan pasar hingga ke luar negeri, salah satunya mengikuti expo di Dubai. Hal tersebut diungkapkan Sie Wira Usaha FKMI, Novita Sari bersama pengurus FKMI lainnya, Liza Marina Nainggolan, Rabu (4/1/2023).
 
Keduanya menyebutkan dari 400 anggota wirausaha FKMI Sumut, 70 persen usaha di antaranya telah memenuhi persyaratan usaha laik dan memiliki izin usaha, sertifikat halal dari MUI, izin Produk Industri Rumah Tangga (PIRT) dari Dinas Kesehatan, Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).
 
"Proses pengurusan memang tidak sulit, namun kami dari pengurus membantu mensosialisasikan dan mengajak tim wirausaha ini untuk ikut prosedur agar melengkapi berkas yang diperlukan. Hasilnya menggembirakan sepanjang tahun 2022 lalu, proses izin-izin yang diperlukan untuk masing-masing usaha anggota berjalan lancar,"ujar Novit sapaan akrab Novita Sari.
 
Selain itu, sambung Novit, tahun 2022, menjadi ajang motivasi semua pemilik usaha di FKMI Sumut dengan mengikuti kegiatan. Berbagai upaya digiatkan dalam rangka mendongkrak penjualan beragam produk kuliner maupun non kuliner, antaranya berkunjung ke lokasi usaha anggota sekaligus belanja aneka produk.
 
Jadi, urai Novit, pihaknya mengikuti berbagai kegiatan bazar, mengikuti kursus pelatihan digelar Dinas Koperasi Kota Medan. Beberapa pengurus menjadi dewan juri gelaran bazar di instansi pendidikan, mengikuti seminar kewirausahaan bersama Bank Indonesia. Diskusi bersama terkait pengemasan produk layak dipasarkan serta membuat tulisan bahasa asing di kemasan produk untuk mempersiapkan diri jika produk bisa dikirim ke pasar internasional.
 
"Wirausaha FKMI, sudah menjalin kerjasama dengan pihak Kedutaan Indonesia di Turki, guna memasarkan produk unggulan anggota FKMI Sumut dalam rangka ikut expo kuliner di Dubai," ungkap Novit.
 
Tahun ini sambung dia, pihaknya sedang mendorong anggota wira usaha ikut ambil bagian program Sertifikat halal gratis (Sehati) 2023.
 
"Untuk lebih memantapkan kemajuan UMKM FKMI Sumut, kami telah merancang kegiatan bazar bulan Desember 2023 di Atrium Brastagi Buah Jl Gatot Subroto. Rentang waktu yang panjang ini, sengaja kami lakukan agar persiapan lebih matang," sebut Novit yang mewakili FKMI ke Turki dalam rangka ekspansi produk olahan anggota agar mendunia.
 
Siapkan produk pilihan
 
Sebelumnya, Ketua FKMI Sumut,Hj.Revita Lubis menyebutkan, bersama Wira Usaha FKMI, terus berupaya menyiapkan produk pilihan.
 
"Saya sangat mendukung upaya dilakukan wirausaha, dalam memajukan usaha anggotanya. Siapa saja yang bergabung di wirausaha, harus mengikuti kreteria produk. Jika belum terpenuhi, bisa berdiskusi dengan tim wira usaha, untuk memenuhi persyaratan. Misalkan pengurusan ijin usaha, sertifikasi halal dan hal yang diperlukan untuk produk bisa dipasarkan ke luar Sumut. Jadi, bergabung di FKMI sangat bermanfaat,"ungkapnya.
 
Revita Lubis juga berharap, dengan kelengkapan persyaratan dalam pengelolaan usaha, akan meningkat daya saing dan memudahkan pelaku usaha dalam memasarkan produknya.