PALAS -Sebanyak 32 ASN di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag Kabupaten Padanglawas (Palas) menerima Satya Lencana Karya Bhakti dari Presiden RI,Ir.H. Joko Widodo.
 
Satya Lencana Karya Bhakti tersebut untuk kategori pengabdian 10 tahun sampai 30 tahun dan penghargaan Dharma Bakti kepada 8 ASN.

Plt Bupati Padanglawas, drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi M.Hum bertindak sebagai inspektur upacara peringatan Hari Amal Bhakti(HAB) ke 77 yang digelar, Selasa (3/1/2023) oleh pihak Kemenag Kabupaten Palas di lapangan MTsN 1 Palas.

Secara simbolis Plt Bupati menyematkan tanda kehormatan Satya Lencana Karya Bahkti dan Dharma Bakti kepada ASN dilingkungan Kemenag Palas.

Di Peringatan HAB ke 77 tampak berbeda dan unik, dimana Inspektur Upacara dan peserta upacara dan seluruh pegawai jajaran Kementerian Agama (Kemenag) memakai busana adat nusantara sesuai SE Menteri Agama RI Nomor 42 Tahun 2022. Hal ini pun selaras dengan tema yang diangkat pada HAB tahun ini "Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat".

"Di awal tahun Januari 2023, Keluarga Besar Kementerian Agama memperingati Hari Amal Bakti ke-77. Kita diajak untuk mengenal, memahami dan meresapi atau bertanya kembali mengapa dan untuk apa Kementerian Agama yang dulu bernama Departemen Agama ini dilahirkan pada 1946 lalu," kata Plt Bupati Palas membacakan amanat Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas.

"Kita sebagai generasi penerus Kementerian Agama sudahkah melakukan pengabdian sebagaimana khittah kelahiran Kementerian Agama atau belum?," tanya H.Ahmad Zarnawi mengutip amanat Menteri Agama RI.

Ia mengajak, seluruh ASN Kemenag untuk memperbaiki niat pengabdian dan pelayanan kepada umat dan menjadikan peringatan HAB ke 77 sebagai penanda sejarah panjang pengabdian Kemenag dalam melayani seluruh umat beragama di Indonesia.

Kemenag pada HAB ke-77 tahun 2023, mencanangkan tagline "Kerukunan umat untuk Indonesia Hebat.

Kata Plt Bupati,untuk menjaga dinamisasi dan stabilitas kerukunan kususnya ditahun ini sebagai tahun politik.

"Menteri Agama RI menuntut ASN Kementerian Agama, para ulama dan tokoh masyarakat berada digaris terdepan dalam menjaga kerukunan umat beragama," ujarnya memyampaikan pesan Menteri Agama RI.

"Keluarga Besar Kementerian Agama bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat harus terdepan dalam membina dan membangun suasana rukun dan damai, agar perjalanan dan tahapan Pemilu dapat dinikmati sebagai pesta demokrasi," imbuhnya.

Ditambahian, pengertian sesungguhnya dari tema yang diangkat pada HAB tahun ini "Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat" artinya semangat merawat kerukunan umat harus digelorakan seluruh ASN Kementerian Agama.

Dikesempatan itu, Plt Bupati meminta, seluruh ASN Kementerian Agama tidak ada yang jadi partisan apalagi ikut melakukan provokasi di tengah keragaman pilihan.

"ASN Kementerian Agama harus menjadi simpul kerukunan dan persaudaraan dan yakinlah bahwa kerukunan umat akan mengantarkan pada Indonesia hebat," tambahnya.

Ia menambahkan, melalui peringatan HAB ke-77 ini, mari kita jadikan momentum untuk meningkatkan soliditas organisasi. Kita harus berada dalam satu barisan yang kuat, kokoh dan terorganisir untuk Kementerian Agama yang lebih baik dan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Selamat memperingati Hari Amal Bakti ke- 77 Kementerian Agama, Semoga Kementerian Agama terus Jaya serta menjadi pelayanan masyarakat yang terbaik, tandasnya.

Peringatan HAB dirangkai dengan pemberian penghargaan Juara III Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Tingkat Nasional Tahun 2022 yang digelar Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah dan Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Penghargaan ini diberikan kepada Hj. Harmidawati, S.Pdi Kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI) Desa Bulusonik Kecamatan Barumun.

Dilanjutkan dengan pemberian Beasiswa berprestasi kepada 315 siswa siswi Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah di lingkungan Kemenag Kabupaten Palas.