TOBA - Arus balik Nataru 2022/2023, H+2 terus memadat hingga mengular di sepanjang Jalan Negara Lintas Sumatera (Janlinsum) Kabupaten Toba, menuju ke Kota Medan, Selasa (3/1/2023). Pantauan www.gosumut.com berbagai jenis kendaraan mulai memanjang di sepanjang Janlinsum Kabupaten Toba mulai dari pukul 08.30 Wib hingga siang hari. Namun arus lalu lintas terus mencair dan tidak sempat terjadi kemacetan parah yang membuat berhenti hingga memakan waktu lama.
 
Tampak disepanjang ruas Janlinsum Kabupaten Toba mulai dari Kota Balige, Laguboti, Silimbat dan Porsea hingga Lumbanjulu berbagai jenis kendaraan roda enam, roda empat hingga roda dua untuk kembali ke daerah asal pasca telah selesainya merayakan Nataru.
 
Dengan memadatnya kendaraan, petugas dari Kepolisian Polres Toba dan seluruh tim yang tergabung dalam tim Pos PAM OPS Lilin Toba 2022 terus bergerak mengatur dan mengurai kemacetan hingga terurai dengan lancar.
 
Kasat Lantas Polres Toba Iptu Rapindo Siahaan dalam penuturannya menjelaskan, untuk mengurai kemacetan yang terjadi serta mengantisipasi penggunaan jalur yang tidak sesuai yang memanfaatkan jalur lain dalam satu ruas jalan di Janlinsum, Tim patroli Lalulintas Polres Toba dengan mengunakan kendaraan sepeda motor terus bergerak hilir mudik di sepanjang Janlinsum guna mengantisipasi jangan sampai ada kendaraan yang mengunakan kesempatan dengan mengunakan jalur kanan arah ke Medan yang akibatnya bisa membuat jalan jadi macet total.
 
Dijelaskannya, tepat di pukul 11.00 wib sempat asa terjadi penyumbatan dengan kemacetan total akibat jumlah kendaraan yang terus bertambah jumlahnya hingga sampai mengular ratusan meter panjangnya.
 
Dengan cepat tim bekerja sama untuk gerak cepat mengurainya dan arus lalulintas terus bergerak dengan perlahan secara terus menerus dengan tidak berhenti lama hingga arus Lalintas pergerakannya melandai secara terus menerus.
 
Untuk mengantisipsi dan mengurai bila terjadi kemacetan total pada satu titik di ruas sepanjang Janlinsum mulai Balige, Laguboti, Silimbat dan Porsea hingga Lumbanjulu semu tim tetap saling berkoordiansi dan petugas dari posko lain cepat diturunkan untuk bergabung mengurai kemacetan sampai lancar hingga arus Lalulintas terus pergerakannya melandai dan tidak sampai terhenti.
 
Ditambahkannya, untuk hari ini pihak Sat Lantas Polres Toba bum ada menerima adanya laporan kejadian Laka Lantas.untuk itu dalam satu hari ini sampai pukul 15.30 Wib bisa dipastikan masih aman dan terkendali tidak ada terjadi kecelakaan.
 
"Untuk itu kita tetap menghimbau kepada semua pengendara supaya tetap waspada dan berhati hati, utamakan kesehatan dan keselamatan, patuhi rambu lintas dan arahan petugas demi Kemanan dan keselamatan bersama," imbuhnya.