JAKARTA - Hasil pertandingan Indonesia vs Thailand, Kamis (29/12), menambah daftar tim tersingkir dari persaingan Piala AFF 2022. Berikut daftar tim tersingkir dari Piala AFF 2022. Indonesia dan Thailand bermain imbang 1-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Tim Merah Putih unggul lebih dulu atas Thailand berkat gol penalti Marc Klok pada menit ke-50.

Thailand yang bermain dengan 10 orang kemudian bisa menyamakan kedudukan. Bermula dari kesalahan pemain-pemain Indonesia, Sarach Yooyen membobol gawang Nadeo Argawinata.

Hasil imbang tersebut membuat Indonesia dan Thailand kini mengumpulkan nilai 7. Indonesia menempati peringkat kedua, hanya kalah selisih gol dari Thailand yang berada di puncak klasemen Grup A.

Tambahan satu angka, masing-masing, bagi Indonesia dan Thailand membuat Filipina dipastikan tak bisa mengejar poin skuad Garuda dan Gajah Perang.

Filipina saat ini sudah mengemas tiga poin dari tiga pertandingan. Filipina menang atas Brunei Darussalam dan kalah dari Kamboja serta Thailand.

Sementara Filipina tinggal memiliki sisa satu laga yakni melawan Indonesia. Poin maksimal yang bisa diraih Filipina adalah enam poin. Dengan jumlah tersebut, Filipina tak akan bisa melampaui Indonesia dan Thailand.

Filipina pun dipastikan tersingkir menyusul Brunei dan Laos yang sudah lebih dulu tersisih dari perebutan supremasi sepak bola Asia Tenggara.

Daftar 3 Tim Tersingkir dari Piala AFF 2022:
1. Brunei Darussalam 0 poin
2. Laos 0 poin
3. Filipina.*