JAKARTA - Legenda sepak bola dunia asal Brasil, Pele, meninggal dunia pada usia 82 tahun, Kamis (29/12/2022) waktu setempat. P esepak bola dunia seperti Neymar, Cristiano Ronaldo, hingga Lionel Messi pun menyampaikan belasungkawa mendalam atas kepergian "Raja Sepab bola" dunia tersebut. Kabar duka itu diketahui lewat unggahan instagram putrinya, Kely Nascimento (@iamkelynascimento), yang mengonfirmasi pekergian sanga legenda pemenang tiga Piala Dunia bersama Brasil tersebut.

"Semua yang kami miliki, adalah berkat Anda," tulisnya, di bawah foto anggota keluarga yang memegang tangan Pele. "Kami sangat mencintaimu. Beristirahatlah dalam damai."

Dilansir dari CNN International pada Jumat (30/12/2022), Pele dirawat di rumah sakit di São Paulo pada akhir November karena infeksi pernapasan dan komplikasi terkait kanker usus besar. Pekan lalu, rumah sakit mengatakan kesehatannya memburuk saat kankernya berkembang.

Menurut pernyataan dari Rumah Sakit Albert Einstein, dia akhirnya meninggal pada Kamis karena kegagalan banyak organ akibat perkembangan kanker usus besar,

Selama lebih dari 60 tahun, nama Pele identik dengan sepak bola. Dia bermain di empat Piala Dunia dan merupakan satu-satunya pemain dalam sejarah yang memenangkan tiga Piala Dunia. Namun, warisannya jauh melampaui jumlah trofi dan rekor mencetak gol yang luar biasa.

"Saya dilahirkan untuk bermain sepak bola, seperti Beethoven dilahirkan untuk menulis musik dan Michelangelo dilahirkan untuk melukis," kata Pele pada suatu waktu.

Penghormatan pun mengalir untuk legenda sepak bola tersebut. Klub pertama Pele, Santos FC, menanggapi berita tersebut di Twitter dengan kata-kata "abadi" yang dibagikan di samping gambar mahkota.

Pesepak bola Brasil, Neymar, mengatakan Pele "mengubah segalanya." Dalam sebuah unggahan di Instagram, dia menulis: "Dia mengubah sepak bola menjadi seni, menjadi hiburan. Dia memberikan suara kepada orang miskin, orang kulit hitam, dan terutama: Dia memberikan visibilitas ke Brasil. Sepak bola dan Brasil telah meningkatkan statusnya berkat sang Raja !".

Penyerang Portugal Cristiano Ronaldo juga mengirimkan belasungkawa dalam sebuah unggahan di Instagram, mengatakan "selamat tinggal" belaka kepada Raja Pele yang abadi tidak akan pernah cukup untuk mengungkapkan rasa sakit yang saat ini melanda seluruh dunia sepak bola.

Tak ketinggalan bintang Argentina yang baru saja memenangkan Piala Dunia, Lionel Messi, juga mengucapkan belasungkawa dalam aku Instagram-nya. "Beristirahat dalam damai, Pele," tulisnya.

Kylian Mbappe dari Paris Saint-Germain juga ikut bicara tentang kematian Pele. "Raja sepakbola telah meninggalkan kita, tetapi warisannya tidak akan pernah terlupakan."

Mantan pemain sepak bola Inggris Geoff Hurst menulis di Twitter tentang kenangannya tentang Pele, menyebut mendiang bintang itu "tanpa diragukan lagi pesepak bola terbaik yang pernah saya lawan (dengan Bobby Moore menjadi pesepak bola terbaik yang pernah bermain bersama saya). Bagi saya Pele tetap yang terhebat dari sepanjang waktu dan saya bangga berada di lapangan bersamanya. RIP Pele dan terima kasih."

Sebelum dimakamkan, Pele akan disemayamkan di Vila Belmiro, markas besar Santos FC di negara bagian São Paulo, kata seorang juru bicara kepada CNN. Waktu dan tanggal acara belum diumumkan.*