PALAS -Kepala Desa sebagai panutan masyarakat harus menunjukan sikap tauladan dan berakhlak mulia serta menghindari perbuatan tercela yang dapat merugikan diri sendiri ataupun orang lain.
 
Hal itu disampaikan Plt Bupati Palas, drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi M.Hum di pelantikan dan pengambilan sumpah 102 Kepala Desa tahap II se Palas priode 2022-2028 di Gedung Olahraga Bercahaya Kabupaten Palas, Rabu (28/12/2022).

Dikatakan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 06 Tahun 2014 Pasal 26 disebutkan kepala desa bertugas, menyelenggarakan pemerintahan desa, melaksanakan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa,pemberdayaan masyarakat desa dan melaksanakan wewenang lain yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Berikan pelayanan yang maksimal tanpa membeda bedakan siapa dia, jadilah sosok yang dewasa dan profesional," pesan Plt Bupati kepada desa yang dilantik secara serentak.

Ia juga memgingatkan, rangkul semua elemen, tidak ada lagi istilah pendukung dan bukan pendukung. Semua adalah wargamu yang harus dilayani dengan baik sesuai amanah dan tanggungjawab tugas sebagai kepala desa.

"Hari ini anda dilantik, maka besok tanggung jawab sudah anda yang pikul. Untuk itu perbanyaklah bertanya, belajar bagaimana mengelola desa, merapikan tata kelola administrasi desa, asset desa, pengelolaan dan pertanggungjawaban dana desa," harapnya.

Plt Bupati, drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu juga meminta, kepala desa banyak bertanya dan belajar bagaimana mengelola desa menuju arah yang lebih baik guna mewujudkan visi misi menuju pembangunan dan masyarakat desa yang sejahtera.

"Selamat kepada seluruh kepala desa yang dilantik hari ini, dengan harapan semoga pelantikan hari ini sebagai langkah awal dalam memberikan pengabdian kepada bangsa dan negara khususnya masyarakat di desa masing-masing," ucapnya.

Tidak lupa, Plt Bupati mengucapkan terima kasih kepada kepala desa dan pejabat kepala desa, ibu tim penggerak PKK periode sebelumnya, atas jasa pengabdian dan dedikasinya selama memimpin desa masing masing.

Kegiatan pelantikan kepala desa juga dirangkai dengan Pelantikan Ketua TP PKK Desa dan penyerahan SK secara simbolis oleh Ketua Plt.TP PKK Kabupaten Padang Lawas, Ny.Hj. Emma Nurul Ahmad Zarnawi.

Hadir dikegiatan pelantikan Kepala Desa tersebut, Anggota DPRD Palas, Syarif Lubis dari Fraksi PAN, Kapolres Palas, AKBP Indra Yanitra Irawan SIK.MSi, Kasdim 0212/TS Mayor Inf. Alex Donal Surbakti, Ketua PN Sibuhuan, Lulik Djatikumoro SH.M.Hum, Ketua Pengadilan Agama Sibuhuan, Bainar Ritonga.

Sekda Arpan Nasution S.Sos, Staf Ahli Bupati, Asisten, Pimpinan OPD dan Camat lingkup Pemkab Palas, Kakan Kemenag Palas, H. Abdul Manan. MA, Ketua DWP Nyonya Fathiyah Arpan, Ketua MUI Palas, H.Ismail Nasution Lc.MTH.