TAPUT -  Polres Tapanuli Utara mendirikan 8 pos untuk pengamanan, pelayanan dan pos terpadu untuk mendukung operasi lilin Toba Nataru 2022/2023. Pos akan beroperasi selama 11 hari mulai 23 Desember 2022 sampai 2 Januari 2023. Kapolres Tapanuli Utara AKBP.Johanson Sianturi,S.I.K,M.H,  melalui Kasie Humas Aiptu W Baringbing kepada www.gosumut.com Jumat, (23/12/2022) menyebutkan, keberadaan 8 pos dipersuapkan dalam upaya kesiap-siagaan personel Polri Polres Taput dan tim Gabungan Personil Operasi Lilin Toba 2022 untuk memberikan pelayanan Kamtibmas terhadap masyarakat di perayaan  Natal  dan Tahun Baru 2022/2023.
 
"Ke 8 Pos tersebut diharapkan mampu memberikan ketenangan, rasa aman dan nyaman bagi masyarakat Kabupaten Taput, serta warga lain yang akan berkunjung ke daerah Taput maupun yang melintas dalam rangka merayakan Hari Natal 2022 dan Tahun Baru 2023," ujarnya.
 
Dijelaskan Aiptu W Baringbing, dari ke 8 pos yang disiapkan 2 unit pos berada di Kawasan Wisata Rohani Salib Kasih dan di Geosite Hutaginjang Muara, 4 pos pelayanan di Sipoholon yakni : Siborongborong Kota, Sarulla dan di Kecamatan Adiankoting.
 
Kemudian, 2 pos lainnya merupakan pos terpadu yang didirikan di Bandara Sisingamangaraja XII Silangit dan di Pelabuhan Muara, Taput.
 
Sebelumnya Kapolres Taput juga berpesan dan mengimbau seluruh tim personil yang bertugas supaya tetap waspada dan selalu menjaga kesehatan dan keselamatan diri masing-masing serta membulatkan niat dan tekad selama pelaksanaan tugas memberikan pelayanan harus yang humanis.
 
Lebih lanjut pihaknya juga akan melakukan deteksi dini, dengan memetakan daerah-daerah rawan akan gangguan Kamtibmas, bencana alam. Hal tersebut sebagai antisipasi untuk mencegah aksi yang meresahkan dan mengganggu aktifitas masyarakat.
 
Selanjutnya semua personil harus meningkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan selama melaksanakan tugas pengamanan serta melakukan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Nataru.
 
Untuk mengisi ke 8 pos Pengamanan ditugaskan 468 petugas dengan rincian 226 personel Polri, 72 personel TNI AD, 52 petugas Dishub Taput, 62 petugas Satpol PP, 32 petugas medis, 16 Saka Bhayangkara Kwarcab Taput, 2 personel Denpom dan 6 petugas Jibom Brimob Polda Sumut.
 
"Kepada seluruh lapisan di masyarakat kita mengimbau saat berkunjung dan melintas dari Taput apabila mengalami masalah dijalan dan sangat membutuhkan bantuan dan pelayanan,  jangan segan-segan ataupun merasa takut untuk meminta bantuan dari petugas pos. Untuk para pengemudi kenderaan yang sudah merasa kelelahan atau capek dan ngantuk mohon beristirahat sejenak di pos, sarana dan prasarana sudah disiapkan," pungkas Baringbing.