MEDAN – Pemerintah memberi kabar gembira dengan memenuhi janji mengoperasikan fungsional tol di Sumatera secara gratis, terutama ruas Tebingtinggi – Inderapura sepanjang 20,4 km mulai hari ini, Jumat (23/12/2022). Badan Usaha Milik Negara PT Hutama Marga Waskita (Hamawas) selaku pengelola akan membuka Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) tersebut untuk mendukung kelancaran perjalanan saat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Dalam keterangan resmi yang dikutip Jumat (23/12/2022), disebutkan selain Ruas Tebing Tinggi – Inderapura sepanjang 20,4 km juga dibuka Gerbang Tol Serbelawan (Dolok Merawan)-Gerbang Tol Sinaksak sepanjang 15,6 km. Keduanya akan dibuka gratis mulai H-3 hingga H+7 Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, yaitu pada Jumat (23/12/2022) sampai Mingg (8/1/2023).

Adapun kendaraan yang boleh melintasi dua ruas JTTS itu hanya kendaraan penumpang Golongan I (non-bus) dengan jam operasional mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.30 WIB. Pengendara diimbau untuk mematuhi rambu yang tersedia demi keselamatan, mengingat meski sudah dibuka tapi kedua tuas tol belum sepenuhnya selesai.

“Kondisi di kedua ruas tersebut masih terdapat beberapa titik pekerjaan konstruksi jembatan dan perkerasan jalan,” ujar Direktur Utama PT Hutama Marga Waskita Dindin Solakhuddin.

Progres konstruksi Seksi 1 dan Seksi 2 Tol Tebingtinggi-Inderapura sudah mencapai 96,74 persen, sedangkan Rute Seksi 3 dan Seksi 4 Tol Serbelawan (Dolok Merawan)-Sinaksak sudah mencapai 88,10 persen.

Pengendara diminta untuk memerhatikan kecepatan maksimum kendaraan yang sudah ditentukan di ruas tol fungsional yakni 40 km/jam. Lalu di area pekerjaan jembatan, pengendara diimbau untuk menurunkan kecepatan menjadi 5 km/jam. Ruas tol ini dibuka satu arah dengan memerhatikan situasi dan kondisi kepadatan arus kendaraan yang melintas di jalan nasional.

Disebutkan,  Hamawas bersama dengan Bina Marga, Dinas Perhubungan, dan Satlantas Polres setempat telah membentuk posko pelayanan untuk pengendara agar dapat melayani dan memastikan keamanan pengguna jalan selama melintas. Kendati demikian, pengguna jalan tetap diminta untuk memeriksa kondisi kendaraan sebelum mengemudi, memastikan kondisi dalam keadaan prima dan tidak mengemudi dalam kondisi mengantuk.

Sebelumnya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengemukakan lewat  laman bpjt.pu.go.id bahwa  pemerintah mengoperasikan secara fungsional dua ruas tol di Sumatera, yakni Tol Kuala Tanjung  Tebing Tinggi – Parapat (Seksi 1 Tebing Tinggi – Indrapura, 20,4 km) dan Tol Sigli - Banda Aceh (Seksi 5 dan 6 Blang Bintang – Kutobaro – SS Baitussalam, 12,3 km). Pengoperasian dua tol ini dilakukan secara gratis guna mendukung  kelancaran lalulinta saat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Semua tol ini seyogianya sudah bisa dioperasikan sejak H-10 Nataru, tapi ternyata baru mulai dioperasikan fungsional H-3 hari ini.*