SERGAI -Terkait hasil Sistem Nilai CAT NOL, namun 2 calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Diluluskan untuk Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 oleh KPUD Serdang Bedagai, Komisioner KPU Sergai langsung menjelaskan terkait hal tersebut.

"Untuk Ozi Kec Bintang Bayu, pada saat ujian perangkat komputernya bermasalah (bukan kesalahan orangnya). Karena yang bermasalah perangkat sehingga kami memberi kesempatan untuk ikut ujian dengan pindah komputer.

Untuk Sarwo Kec Teluk Mengkudu, mengalami kasus yang sama. Nilai nya diruang 3. Silahkan cross check langsung di papan pengumuman SMK N 1 Dolok Masihul. Masih terpampang disana semua nilai peserta ujian CAT," kata Komisioner KPU Sergai Divisi SDM dan Parmas Ardiansyah Hasibuan saat membalas konfirmasi awak media via WhatsAap, Kamis(22/12/2022) malam.

Namun saat disinggung hasil pengumuman di ruang 2 ada kolom yang kosong diantara nomor 18 dan 20, Ardiansyah mengatakan, "Seperti diatas itu penjelasan saya, bang. Tolong penjelasan saya dimuat utuh. Terimakasih," tulisnya singkat.

Seperti diberitakan sebelumnya adapun 2 orang calon anggota PPK yang lulus yaitu inisial OEA dengan CAT nilai NOL, akhirnya dirinya terpilih menjadi salah satu dari 5 anggota PPK terpilih di Kecamatan Bintang Bayu di posisi rangking 2.

Sedangkan inisial SES yang tidak terdaftar hasil CAT,  juga terpilih
dari 5 anggota PKK Kecamatan Teluk Mengkudu terpilih dengan menempati rangking (posisi) 1.

Terpilihnya kedua anggota PPK  berdasarkan pengumuman pihak KPUD Sergai nomor: 282/PP 04.03-Pu/1218/2022 tentang Penetapan Hasil Seleksi Panitia Pemiliham Kecamatan Untuk Pemilihan Umum 2024.

Menurut sumber salah seorang peserta ujian CAT, Kamis (22/12/2022) menuturkan sebelum ujian berlangsung dilaksanakan simulasi guna memastikan perangkat komputer tidak bermasalah.

Saat itu menurutnya, inisial OEA sempat mengikuti ujian CAT seleksi PPK yang digelar KPUD Sergai berlangsung, Selasa (6/12/2022) di gedung SMKN 1 Dolok Masihul persisnya di ruang 2, OEA terlihat sempat mengikuti ujian CAT, namun terlebih dahulu meninggalkan ruangan.

Setelah ujian CAT selesai nilai hasil ujian langsung keluar dan hasil ujian CAT yang sempat ditempelkan diruangan 2 nilai OEA adalah 0, sehingga peserta seleksi lainnya bertanya-tanya setelah pengumuman OEA ternyata lulus seleksi PPK diposisi rangking 2.

Sementara itu, salah seorang peserta seleksi PPK Teluk Mengkudu yang enggan disebut namanya kepada wartawan menyatakan sebelum ujian CAT sempat simulasi dan dirinya melihat SES sempat mengikuti ujian CAT di ruang 2.

Namun saat pengumuman hasil CAT yang ditempelkan di ruangan nama SES tidak ada, namun  ada. Sehingga dia heran saat pengumuman kelulusan anggota PPK Teluk Mengkudu SES lulus menempati rangking (posisi) 1.

Hasil pengumuman nilai ujian CAT, OEA dan SES ternyata di ruang 3 bersama peserta calon PPK Perbaungan, nilai CAT OEA 59 dan nilai CAT SES 90.*