Asuransijiwa dapat menjaga kualitas hidup anggota keluarga, jika karena hal tak terduga, ditinggal pergi selamanya oleh pemegang polis sebagai tulang punggung keluarga. Karena merupakan salah satu jenis asuransi penting, maka sebaiknya pilih asuransi jiwa yang tepat.
 
Asuransi jiwa atau pertanggungan jiwa ini memberikan dukungan finansial bagi ahli waris atau keluarga yang ditinggalkan karena mungkin akan mengalami kesulitan karena hilangnya sumber penghasilan dari nasabah.

Asuransi jiwa juga akan memberikan santunan meninggal dunia dan santunan cacat tetap jika tertanggung mengalami musibah. Karena itu, memilih asuransi jiwa sebaiknya turut pertimbangkan berbagai alasan memilikinya, manfaat yang diperoleh, hingga macamnya.

Hal-hal tersebut penting diketahui agar tidak ada kesalahan setelah memilikinya. Sementara itu, buat Anda yang ingin memiliki asuransi jiwa, bisa cek lifepal.co.id/asuransi/jiwa/ yang menawarkan berbagai produk asuransi sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial Anda.

Alasan Penting Memiliki Asuransi Jiwa

Seperti dipaparkan sebelumnya, perlindungan finansial dari asuransi jiwa penting dimiliki agar Anda tidak terbebani dengan pengeluaran mendadak yang pada akhirnya bisa menguras tabungan.

Memiliki asuransi jiwa akan mengurangi risiko pengeluaran mendadak yang besar dialihkan menjadi pengeluaran premi rutin, sehingga kas keuangan lebih terkontrol. Selain itu, dapat melindungi kelangsungan hidup keluarga.

Jika hal yang buruk terjadi pada Anda selaku kepala keluarga, maka kelangsungan hidup keluarga yang akan terancam.

Karena itu, memiliki asuransi jiwa tak hanya penting bagi diri sendiri, tetapi bermanfaat bagi anggota keluarga, mulai dari memberi rasa aman hingga melindungi ahli waris dari beban finansial.
Manfaat Asuransi Jiwa

Seperti dilansir dari https://www.bps.go.id/indicator/13/1080/1/jumlah-perusahaan-asuransi-dan-perusahaan-penunjang-asuransi.html, ada banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi jiwa dengan beragam manfaat.

Selain bermanfaat sebagai pemberi santunan meninggal dunia serta santunan cacat jika tertanggung mengalami suatu kecelakaan atau musibah, berikut ini adalah manfaat dari produk asuransi jiwa:

1. Santunan untuk cacat tetap sebagian

Santunan ini diberikan jika tertanggung mengalami cacat yang tetap sebagian. Seperti jika sebagian anggota tubuh tidak berfungsi, sebut saja lumpuh kaki atau lumpuh tangan.

Biasanya uang pertanggungan yang nanti akan diberikan merupakan proporsional berdasarkan pada kerugian.

2. Santunan untuk cacat tetap total

Santunan yang satu ini akan diberikan jika tertanggung mengalami cacat tetap secara total yang menyebabkan tidak bisa bekerja. Santunan ini biasanya akan diberikan sebanyak 100 % uang pertanggungan.

3. Santunan untuk meninggal dunia

Terakhir, untuk santunan meninggal dunia. Ini akan diberikan jika tertanggung meninggal dunia. Biasanya tunjangan yang diberikan yakni sebanyak 100% bahkan lebih uang pertanggungan.

4. Manfaat lainnya

Pentingnya untuk memiliki jaminan finansial dari asuransi jiwa bisa memberikan manfaat berikut:

● Dapat mengelola keuangan untuk keluarga
● Bisa menjamin pendidikan anak
● Untuk memastikan kelangsungan kehidupan keluarga tercinta
● Dapat memberi rasa aman
● Bisa melindungi ahli waris agar terbebas dari beban finansial

Macam-Macam Asuransi Jiwa

Salah satu yang paling krusial dalam asuransi jiwa adalah mengenai macam dan benefit yang akan diterima, yaitu:

1. Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life Insurance)

Jenis asuransi jiwa ini sangat cocok untuk Anda yang menginginkan asuransi dengan manfaat perlindungan pada jangka waktu tertentu.

Opsi jangka waktu perlindungan yang diberikan pun cukup lama. Antara 15, 20, 25 tahun, atau bahkan lebih. Hal itu disesuaikan dengan kebutuhan penerima manfaat.

Asuransi ini juga cocok untuk orang-orang di usia muda atau yang memiliki kondisi sehat dan bugar. Transaksi yang dilakukan juga tidak sulit. Anda dapat menentukan sendiri jumlah premi bulanan sesuai dengan pemasukan Anda.

Meskipun demikian, premi yang sudah dikumpulkan ke dalam asuransi berjangka ini akan hangus pada saat kontrak sudah habis.

Biaya premi juga akan bertambah jika Anda berniat untuk melakukan perpanjangan kontrak asuransi. Itulah sebabnya harga penawaran asuransi jenis ini tergolong sangat terjangkau.

2. Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life Insurance)

Jenis asuransi ini cocok untuk Anda yang ingin melakukan investasi kesehatan jangka panjang. Mengapa? Karena setiap premi yang dibayarkan ke dalam tabungan asuransi akan terus meningkat dan dapat diambil sewaktu-waktu.

Batas umur untuk mendapatkan manfaat dari asuransi ini umumnya hingga usia 100 tahun. Ketika tertanggung meninggal dunia dan belum pernah melakukan klaim, seluruh premi yang sudah dibayarkan kepada asuransi akan dikembalikan seutuhnya.

Seiring berjalannya waktu, ada kemungkinan bagi penerima manfaat untuk membayar premi dengan jumlah yang cukup besar pada usia tertentu. Hal ini karena kebutuhan perlindungan yang dibutuhkan juga sangat banyak.

3. Asuransi Jiwa Dwiguna (Universal Life Insurance)

Sesuai dengan namanya, jenis asuransi memberikan dua manfaat sekaligus. Dua manfaat tersebut merupakan manfaat dengan jangka waktu tertentu, serta manfaat tabungan yang sudah dibayarkan melalui premi.

Jenis asuransi ini juga tergolong sangat fleksibel. Sebagai pemegang polis, Anda dapat menggunakan tabungan tersebut kapanpun yang Anda inginkan.

4. Asuransi Jiwa Unit Link (Variable Life Insurance)

Asuransi jenis ini sangat cocok untuk Anda yang masih pemula, namun ingin melakukan proteksi dini terhadap diri sendiri atau keluarga melalui asuransi.

Asuransi ini memberi Anda kesempatan untuk melakukan investasi yang tidak jauh berbeda dengan investasi murni.

Penting untuk diingat, jumlah premi yang akan diberikan untuk investasi tidak dimasukkan ke dalam pasar saham sekaligus, melainkan melalui sub akun dari perusahaan asuransi.

Selain itu, hasil investasi akan selalu dipengaruhi oleh pergerakan pasar saham. Pastinya ini akan menghasilkan jumlah yang tidak menentu alias fluktuatif.

Itulah penjelasan mengenai asuransi jiwa yang penting diketahui sebelum Anda memilih salah satu produknya. Jika masih belum memilikinya, bisa mencari di Lifepal.co.id, karana di sana ada asuransi dengan banyak pilihannya yang bisa dipilih.