PALAS - Polres Padanglawas menggelar rapat koordinasi kesiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023 di Aula Mapolsek Sosa. Rapat koordinasi tersebut dipimpin Wakapolres Palas, Kompol JW Sijabat SH didampingi Kapolsek Sosa, AKP Haposan Harahap dan Kanit Reskrim, Iptu M.Taufik Siregar SH.
 
Hadir dikegiatan tersebut,Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sosa dan perwakilan pengurus gereja dan pendeta yang ada di wilayah hukum Polsek Sosa.
 
"Kegiatan rapat koordinasi ini merupakan tindaklanjut atas rapat koordinasi yang telah dilaksanakan oleh Mabes Polri dalam rangka Kesiapan Pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 melalui zoom meeting," kata Wakapolres Kompol JW Sijabat.SH, Rabu (21/12/2022).
 
Dikatakan, mengingat pemerintah, TNI - Polri dan masyarakat tidak boleh underestimate dengan perkembangan situasi di Kabupaten Palas.
 
Lanjut Wakapolres, eskalasi pengamanan pada Nataru ada peningkatan guna mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan. Setiap pengamanan baik mako, objek vital, fasilitas umum, rumah ibadah dan gereja perlu penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP).
 
Pengamanan pada setiap kegiatan, sambungnya, khususnya rumah ibadah dan gereja tetap bersinergi antar instansi dan dibantu oleh pengamananan internal gereja. 
 
Selain itu, katanya, perlu mendapat perhatian saat malam pergantian tahun, perlu diantisipasi pergerakan masyarakat dari kecamatan ke wilayah Kota serta tidak ada kegiatan apapun.
 
“Kegiatan rakor ini untuk melihat sejauh mana kesiapan instansi terkait, menyamakan persepsi dan mengingatkan ditingkatkan pengamanan pada tempat ibadah, fasilitas umum saat pergantian tahun dan pengamanan perbatasan antar Kabupaten,” ujar saat memberikan arahan di kegiatan rakor.
 
Kata Wakapolres, tujuan rakor ini menyatukan presepsi dan langkah dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru. Rakor ini juga dapat membantu dan mendukung serta menguatkan bersama dalam rangka mengupayakan segala hal yang diinginkan masyarakat pada perayaan Natal dan Tahun Baru ini.
 
“Polres Palas bersama jajaran Forkopimda lainnya siap mengamankan Natal dan Tahun Baru," tambahnya.
 
Harapannya rangkaian ibadah umat Nasrani dan pergantian tahun dapat berjalan dengan aman, lancar, kondusif dengan tidak ada gangguan yang dapat merugikan masyarakat dan hal ini perlu kita jaga bersama dalam menciptakan situasi yang kondusif.