SERGAI - Akibat tanggul Sungai Martebing jebol ratusan rumah yang berada di desa Sukadamai, Kecamatan Sei Bamban, Kabupaten Serdang Bedagai, terendam banjir, Selasa (20/12/2022). Kepala Dusun 14 Sihulambu Desa Sukadamai, Yusuf kepada Gosumut mengatakan Naiknya debit air akibat tanggul sungai Martebing jebol sekira 15 meter dan kemungkinan bertambah lebar.

"Ada sekitar 150 KK di Dusun 14 Sihulambu yang terendam banjir. Air semakin naik dari siang sampai malam, hari Senin pak", ujar Kadus

Sementara itu, Camat Sei Bamban Fazar Kurniawan dilokasi menjelaskan, Bencana banjir terkini pada hari Selasa 20 Desember 2022 mulai kenaikan debit air pada pukul 03.00 WIB.

"Pada pukul 09.45 WIB kondisi terkini di Desa Sukadamai, Jumlah KK : 813, Jumlah Jiwa : 2943 jiwa dengan ketinggian air saat ini sekira 100 - 120 cm, Desa Bakaran Batu, Jumlah KK : 37, Jumlah jiwa : 87, Ketinggian air sekira 60 - 80 cm, sedangkan untuk Desa Sei Belutu, Jumlah KK : 30, Jumlah jiwa : 92," Papar Camat Sei Bamban.

Lebih lanjut Fazar Kurniawan menjelaskan bahwa di desa Sukadamai Pemkab Sergai sudah mendirikan posko di 6 titik dan air bersih satu titik," pungkasnya.

Senada juga dikatakan Kapolsek Firdaus AKP Idham Halik, SH didampingi Kanit Intel Rusli Tanjung, mengimbau masyarakat agar menjaga anak anaknya untuk tidak mandi mandi guna mencegah hal hal yang tidak diinginkan.

Kapolsek juga mengingatkan warga yang terdampak banjir mengungsi ke posko yang sudah disediakan dan pada saat meninggalkan rumah agar listrik dimatikan," imbau Kapolsek.