SIBOLGA -Wali Kota Sibolga, Jamaluddin Pohan, menerima penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Petikan Tahun Anggaran (TA) 2023.
 

Acara yang berlangsung dengan tema Optimis dan Tetap Waspada, APBN tahun 2023 dan juga penyerahan apresiasi kepada satuan kerja dan Penandatanganan fakta integritas, diserahkan langsung Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sibolga, Andreas Leiman Silalahi, dilaksanakan di Aula KPPN Sibolga, Selasa (20/12).

Pada kesempatan tersebut, Kepala KPPN Sibolga Andreas Leiman Silalahi mengakatakan, perekonomian nasional saat ini dalam tren positif dan masih tumbuh kuat dengan pertumbuhan di atas 5% selama 4 triwulan berturut-turut, di mana triwulan III bahkan mencapai 5,72%.

Inflasi relatif moderat dibandingkan negara-negara lain dan mulai menunjukkan penurunan ke level 5,71% di bulan Oktober dari sebelumnya 5,99% di bulan September.

"Saat ini sejalan dengan kondisi nasional, ekonomi di Sibolga juga menunjukkan tanda-tanda membaik. Tingkat inflasi month to month (mtm) November 2022 sebesar deflasi -0,05 persen dan tingkat inflasi year to date November 2022 sebesar 4,92 persen," kata Andreas.

Masi katanya, alokasi belanja Negara TA 2023 yang dialokasikan untuk Kota Sibolga adalah sebesar Rp1,03 triliun.

Dikesempatan tersebut Wali Kota Sibolga, Jamaluddin Pohan juga menyampaikan, mengawali sambutan ini, atas nama pribadi, pemerintah, dan masyarakat mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, kepada Kepala KPPN Sibolga beserta seluruh jajarannya. Semoga segala kebaikan selama menjalankan tugas penyerahan DIPA TA 2023 kepada Organisasi Perangkat Daerah dan Satuan Kerja Kementerian atau Lembaga di Kota Sibolga.

"Saya meminta seluruh pihak terkait di Kota Sibolga untuk selalu memperkuat Sinkronisasi, keterpaduan serta sinergi antar kegiatan yang di danai oleh APBN dan APBD," ujarnya.

Selain itu, Wali Kota Sibolga Jamaluddin Pohan juga mengingatkan agar fokus bekerja, meningkatkan Koordinasi sehingga APBN dan APBD dapat menjadi Katalisator pembangunan.

"Jangan lupa menggandeng sektor swasta maupun masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan Kota Sibolga. Kepada seluruh kuasa pengguna anggaran dan siapapun yang berhubungan dengan keuangan negara agar dapat menjaga amanah dalam mengelola keuangan Negara," ungkapnya.

Turut hadir penyerahan DIPA, Forkopimda Kota Sibolga dan Tapanuli Tengah, para KPA Satker wilayah Kota Sibolga dan Tapanuli Tengah, serta pimpinan/perwakilan perbankan di wilayah Kota Sibolga dan Tapanuli Tengah.