SERGAI - Anggota Komisi V DPR RI Syahrul Aidi Mazaat mengapresiasi inisiatif Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai melakukan normalisasi sungai bersama Forum Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan (FTJSLP). Apresiasi ini disampaikan dalam kunjungan kerja reses masa persidangan II Tahun 2022-2023 di Kantor Bupati Sergai, Jumat (16/12/2022).
 
Menurutnya, Pemda sudah berupaya dengan keterbatasan kewenangannya terus mencari jalan keluar atas permasalahan banjir yang terjadi.
 
"Luar biasa ini Pak Bupati dengan normalisasi sungai tidak dengan APBD tapi dengan CSR. Ini perlu dukungan BWS," katanya.
 
Anggota DPR RI fraksi Partai Keadilan Sejahtera ini mengungkapkan BWSS II harus berinisiatif membantu daerah dengan peluang-peluang yang dimiliki. Ia juga menyayangkan bantuan alat pengangkut air bersih belum diturunkan sama sekali.
 
"Saat banjir, masyarakat kita butuh air bersih. Di balai kita kan ada mobilnya di BPPW. Gak boleh begitu (belum diturunkan, red). BWS juga punya alat berat yang bisa dipinjamkan untuk membantu normalisasi swadaya, kan lumayan mengganti harga sewa alat," pungkasnya.
 
Ia menekankan para mitra harus berinisiatif dan memberikan peluang-peluang yang bisa diberikan oleh masing-masing Kementerian.
 
"Saya berharap dengan kawan-kawan mitra bisa berkoordinasi baik, berinisiatif membantu daerah yang sedang membutuhkan bantuan. Prinsipnya inisiatif, kawan-kawan mitra yang tahu bantuan apa yang bisa segera diturunkan saat melihat daerah sedang kesusahan tanpa harus menunggu permintaan," pungkasnya.
 
Sementara itu, pihak BWSS II menyatakan bantuan mobil tangki oengangkut air bersih akan segera diturunkan begitu juga dengan alat berat untuk normalisasi sungai.
 
"Mobilnya akan segera kita turunkan Pak. Alat berat juga akan kita kirim sebagai penanganan jangka pendek. Dalam minggu ini juga," timpalnya.