PALAS -Plt Bupati Palas, drg H. Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi MH melaksanakan peninjauan dan monitoring Pilkades serentak tahap II, Rabu (14/12/2022) di sejumlah Desa wilayah Kecamatan Sosa Julu, Sosa dan Kecamatan Hutaraja Tinggi, Rabu (14/12/2022).
 
Rombongan yang tergabung dalam Tim I, terdiri dari Kapolres Padanglawas, AKBP Indra Yanitra Irawan SIk.MSi, Dan Sat Brimob, Kombes Pol Cristianto Gutomo SIK.MH, Asisten II, Drs. Marza Jennova.MM, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Drs. Irwan Halomoan, Kadis PMD Palas, Amrin Faisal Sirega S.Sos, Kasat Pol PP dan Damkar, Agus Saleh Saputra Daulay.SH.

Peninjauan diawali dari TPS Desa Pasir Jae, Kecamatan Sosa Julu, kemudian dilanjutkan ke TPS Tanjung Botung, Hutaraja Lamo dan Aek Tinga, Kecamatan Sosa dan TPS Desa Sei Korang, Kecamatan Hutaraja Tinggi.

"Monitoring dilakukan untuk memantau dan memastikan jalannya proses pemugutan suara berjalan dengan baik," kata Plt Bupati disela kegiatan monitoring di TPS Desa Hutaraja Lamo.

Dikatakan, kegiatan monitoring ini dimaksudkan untuk memantau langsung secara random situasi dan perkembangan pelaksanaan pilkades serta memberikan semangat kepada para calon dan masyarakat dalam pilkades.

Plt Bupati berharap, suasana saat pilkades ditahap I tidak terulang kembali pada pilkades tahap II ini secara umum.

"Mari kita ciptakan situasi aman, lancar di pelaksanaan Pilkades dengan tetap menjaga kenersamaan dan kearifan lokal," ujarnya.

Oleh karena itu, Plt Bupati berpesan, masing masing calon harus bisa mengendalikan para pendukungnya jangan mudah terprovokasi akan isu isu yang belum tetntu kebenarannya.

"Cek dan ricek kebenarannya agar tidak terjadi gesekan di antara masyarakat dari masing -masing pendukung," tambahnya.

Ia menjelaskan, kita semua pasti setuju 259 calon Kepala Desa yang berkompetisi hari ini adalah orang orang pilihan di setiap desanya.

Menurutnya, upaya dan kerja keras disertai doa setiap calon kepala desa sudah cukup baik secara keseluruhan, tetapi peraturan menggariskan bahwa yang meraih suara terbanyak sebagai pemenang dalam Pilkades.

Disamping itu, lanjutnya usaha yang maksimal, sebagai ummat beragama kita harus percaya bahwa segala sesuatunya merupakan kehendak Allah SWT. Dengan begitu kita akan lebih siap untuk menerima apapun hasilnya nanti. Yang lolos terpilih nantinya bahwa telah terpanggil untuk tugas ini dan yang belum berhasil hanya kesempatannya yang tertunda.

"Masyarakat agar memilih sesuai dengan keyakinan hati, bahwa peminpin yang pilih akan membawa perubahan kearah yang lebih baik untuk 6 tahun kedepan," tutup Plt Bupati.

Sementara itu, untuk Tim II kegiatan monitoring pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak se-Kabupaten dipimpin Sekda Palas,Arpan Nasution.S.Sos bersama Tim OPD Pemkab Palas.

Dikegiatan monitoring disejumlah desa wilayah Kecamatan Sosopan, Sekda Arpan Nasution.S.Sos mengatakan, kunjungan ke TPS-TPS merupakan tugas pemerintah daerah untuk memastikan jalannya Pilkades serentak ini benar-benar aman, damai dan kondusif.

Kita berharap, pilkades berjalan dengan aman tertib dan lancar. warga berhak menentukan pilihan kepada calon kepala desa ini untuk enam tahun ke depan.

"Dengan terpilihnya kepala desa di pesta demokrasi desa diharapkan bisa bahu membahu gotong-royong untuk membangun desa yang lebih baik dan berkembang," harap Sekda.

Sekda juga berpesan, jaga kekompakan membangun persatuan dan kesatuan disetiap desa untuk mensukseskan Pilkades yang damai dan nyaman.

Apalagi pilkades serentak ini, sambungnya, menjadi tolak ukur nasional untuk mendorong kemajuan pembangunan daerah.

"Setiap calon Kepala Desa untuk bersama-sama menjaga kemananan terutama terhadap para pendukung masing-masing, karena masyarakat merupakan kunci suksesnya pelaksanaan Pilkades," pungkasnya.