TOBA - PT Toba Pulp Lestari (TPL) menyerahkan bantuan dukungan bibit jagung jenis Pionir 32 sebanyak 700 kg kepada masyarakat di 5 Desa di 4 kecamatan di Kabupaten Toba melalui pemerintah desa, Senin (12/12/2022). Bantuan diserahkan melalui staff Humas Perusahaan Pangeran Marpaung bersama Community Development (CD) TPL Sektor Habinsaran Irvan Sinurat.

Kelima desa tersebut di antaranya, Desa Simare Kecamatan Borbor (150 kg), Desa Simanobak Kecamatan Silaen (150 kg), Desa Pardomuan Sianipar Kecamatan Silaen (150 kg), Desa Sidulang Kecamatan Laguboti (150 kg) dan Desa Siantar Tonga-tonga I Kecamatan Siantar Narumonda sebanyak (100 kg).

Pangeran menyebutkan, pemberian bantuan ini sebagau wujud dukungan perusahaan untuk peningkatan taraf hidup ekonomi masyarakat secara khusus dalam usaha pertanian/kebun rakyat pada pertanaman jagung di lahan kering dan persawahan, khususnya untuk menghindari lahan pertanian tidur. 

“Bibit jagung Pionir 32 tersebut diberikan perusahaan sebagai bentuk nyata dukungan perusahaan kepada masyarakat untuk didistribusikan langsung kepada kelompok tani yang membutuhkan dengan bantuan bibit yang diberikan, kita berharap dimasa panen nantinya hasilnya akan berlipat ganda," sebut Pangeran. 

Ditambahkannya, perusahaan tetap berkomitmen terus mendukung pemerintah Kabupaten Toba dalam melaksanakan berbagai program-program pembangunan yang telah direncanakan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan hidup dan perekonomian masyarakat Kabupaten Toba. 

Kepala Desa Pardomuan Sianipar Timbang Sianipar mewakili penerima bantuan bibit jagung menyambut baik serta mengapresiasi dukungan bantuan yang diberikan TPL.

"Bibit yang kita terima, akan kita salurkan kepada masyarakat yang benar-benar akan menanamnya. bantuan bibit Jagung yang kita terima saat ini akan kita bagikan kepada masyarakat petani untuk ditanam di lahan milik mereka demikian juga kepada para kelompok tani dan anggotanya," ujarnya. 

Ia menyebutkan bibit jagung ini akan menjadi tanaman selingan pada lahan persawahan setelah selesai panen padi, dengan bantuan ini jelas telah membantu meringankan beban ekonomi masyarakat petani dalam hal pengadaan bibit.