SERGAI - Selama tiga hari diguyur hujan, ribuan rumah warga Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara kembali dilanda banjir, aktipitas warga terganggu. Pantuan awak media, Minggu (11/12/2022) banjir sudah menggenangi di sepanjang jalan  Perintis Kemerdekaan Desa Pekan Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, bahkan air Sungai Bedagai terlihat merata menggenangi pemukiman rumah warga hingga beberapa desa yang ada di kecamatan Tanjung beringin.

Selain pemukiman rumah warga, banjir juga sudah menggenangi seluruh fasilitas umum seperti jalan - jalan yang ada di Desa Pekan Tanjung Beringin. Bahkan banjir juga menggenangi halaman masjid dan sekolah- sekolah yang  setinggi hampir betis maupun lutut orang dewasa.

Menurut Jimmy (44) salah seorang warga Desa Pekan Kecamatan Tanjung Beringin yang rumahnya digenangi air menuturkan, padahal pasang besar air laut sudah habis, tetapi kenapa dilanda hujan dalam dua tiga hari berturut - turut saja banjirnya sudah sebegini parahnya.

"Kalau seterusnya hujan seperti ini dan air sungai meluap, bisa jadi banjir akan merata melanda seluruh desa di Kecamatan Tanjung Beringin," ujar Jimmy.

Kepala Desa Pekan Tanjung Beringin, Ir. Indra Syahputra kepada awak media menyebutkan, akibat banjir saat ini membuat aktivitas warga menjadi lumpuh total.

"Banjir sudah merata di Desa Pekan Tanjung Beringin, bukan hanya rumah warga digenangi air, bahkan fasilitas umum juga tergenang air. Banjir ini juga melanda beberapa dusun yang biasanya tidak terkena banjir, tapi hari ini terkena banjir," ujarnya.

Menurut keterangan Indra, banjir ini sudah merata melanda semua dusun yang ada di Desa Pekan Tanjung Beringin, dan data sementara ada sebanyak 3500 lebih rumah warga yang terendam banjir.

"Kondisi banjir saat ini lebih parah dari banjir akhir November kemarin, apalagi curah hujan yang cukup tinggi sampai tiga empat hari ini," kata Indra.