KUPANG -Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memotivasi dan menghadirkan optimisme bahwa Indonesia bisa menjadi negara maju. 
 
Hal ini disampaikan AHY selaku Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute dalam kuliah umum “Menyiapkan Generasi Unggul Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045” yang diikuti ratusan mahasiswa-mahasiswi dan para civitas akademika Universitas Katolik Widya Mandiri (Unwira) Kupang, Selasa (6/12) siang.

Untuk mewujudkan itu, kata AHY, tentu dengan sebuah kesadaran bahwa banyak sekali tantangan dan permasalahan yang sedang dihadapi Indonesia dan juga dunia.

“Kita harus punya optimisme itu. Saya optimis bahwa Indonesia bisa menjadi negara yang maju, yang rakyatnya sejahtera, jika kita berkerja keras. Kita harus segera bangkit dan pulih dari pandemi Covid-19 dan berbagai tantangan ekonomi saat ini. Daya beli masyarakat yang belum pulih, belum lagi bicara lapangan pekerjaan dan berbagai aspek ekonomi sosial lainnya,” lanjut AHY.

AHY yang siang itu tampil energik meskipun cuaca panas terik, juga memiliki keyakinan Indonesia Emas 2045 bisa diwujudkan.

“Dengan pendidikan dan pembangunan yang difokuskan pada sumber daya manusia, utamanya meningkatkan kualitas pendidikan, meningkatkan akses pelayanan kesehatan, dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Ini bisa membawa Indonesia menjadi negara maju, seperti yang dicita-citakan para pendiri bangsa kita,” AHY menerangkan.

“Ini adalah sebuah kesempatan yang baik bagi kami, yang juga tentunya berada dalam wilayah yang ingin terus memajukan pembangunan Indonesia ini melalui berbagai sektor. Saya dengan kapasitas sebagai Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute menyambut dengan sangat baik kerja sama dan hubungan yang baik dengan Unwira dan kampus-kampus yang lain di Indonesia. Tentunya kita berharap SDM kita bisa semakin berkualitas,” imbuh AHY.

Rektor Unwira Pater Philipus Tulle yang menyambut langsung kedatangan AHY dan rombongan di Unwira berharap agar kerja sama seperti ini bisa terus dilaksanakan.

“Kami melihat The Yudhoyono Institute memiliki cita-cita yang sama di Indonesia, maka kami ingin berkolaborasi agar bisa memajukan Indonesia, khususnya di Kupang," ujar Philipus Tulle.

Hadir mendampingi AHY antara lain, istri Annisa Pohan Yudhoyono, serta Anggota DPR RI yang berasal dari daerah pemilihan NTT Benny K. Harman dan Anita Jacoba Gah.

AHY akan berkegiatan di Kupang selama dua hari. Saat tiba di Bandara El Tari, Kupang, ia disambut tutur adat dan tarian khas Sumba. Masyarakat tampak menyambut meriah kedatangan AHY dan istri Annisa Pohan Yudhoyono. Banyak yang antri untuk bersalaman dan foto bersama.