PALAS - Polres Padanglawas melalui Sat Binmas menggelar penyuluhan  penanganan kenakalan remaja dilingkungan pendidikan. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula  SMK N 1 Barumun yang ratusan siswa dilingkungan satuan pendidikan tersebut, Jumat (2/12/2022).
 
Kapolres Padanglawas,AKBP Indra Yanitra Irawan.SIK.MSi melalui Kasat Binmas,AKP Rahmad Saleh Nainggolan.SH mengatakan, 
penyuluhan ini dilakukan untuk menangkal kenakalan remaja khususnya dilingkungan pendidikan yang ada diwilayah hukum Polres Palas.
 
Menurut Rahmad,faktor kenakalan remaja bisa dikaitkan dengan salah pergaulan ataupun berada di lingkungan yang salah serta pola asuh yang salah dalam keluarga.  
 
Dikatakan,umumnya anak akan melakukan berbagai macam tindakan menyimpang sebagai bentuk pemberontakan diri ataupun ingin menunjukkan eksistensinya sebagai anak baru gede (ABG).
 
Ia menegaskan, jika hal tersebut dibiarkan, kenakalan remaja akan semakin menjadi. Tak menutup kemungkinan anak akan kehilangan masa depan akibat tindakan buruk yang dilakukannya pada masa remajanya.
 
"Membangun komunikasi dari hati ke hati sangat diperlukan dalam mengatasi kenakalan remaja khususnya orangtua siswa memiliki peran penting dalam memberikan bimbingan yang baik untuk masa depan anaknya,"ungkap Kasat Binmas Polres Palas.
 
Mendidik anak untuk menghindari dari kenakalan disaat remaja, lanjutnya perlu kolaborasi semua pihak untuk ikut terlibat dalam memberikan arahan sebagai tanggungjawab bersama untuk antisipasi kenakalan remaja.
 
"Melalui penyuluhan ini memberikan edukasi discusion untuk meminimalisir kenakalan remaja dari berbagai tindakan yang tidak baik dan bertentang dengan hukum,"tambahnya.
 
Dikesempatan itu juga,AKP Rahmad mengingatkan, peserta didik agar selalu menjaga diri dari segala tindakan yang yang menjurus kenakalan remaja karena berdampak buruk bagi masa depan.
 
Ia menambahkan,inti dari kegiatan penyuluhan ini  untuk menekan angka kenakalan remaja yang dapat mengarah ke tindakan kriminal serta  penanggulangannya.
 
“Bukan hanya para orang dewasa, anak-anak khususnya peserta didik  harus menjaga diri untuk tidak tetlibat  kenakalan karena akan  terjerat hukum pidana,” kata AKP Rahmad.
 
Dikesempatan itu, para peserta yang hadir diimbau untuk lebib peduli terhadap lingkungan khususnya di lingkungan pendidikan harus menjadi contoh yang baik sebagai pelajar yang memiliki kualitas dan kuantitas.
 
Menurutnya, rasa peduli terhadap lingkungan sama halnya peduli terhadap masa depan peserta didik sebagai generasi penerus bangsa. 
 
Sementara itu,Kepala Sekolah SMK N 1 Barumun,Rita Emilia Batubara.S.Ag berpesan, melalui kegiatan penyuluhan ini memberi pemahaman dan edukasi kepada peserta didik agar tidak ikut -ikutan berbuat onar yang menjurus pada kenakalan remaja.
 
"Peserta didik harus lebih dominan untuk melakukan kegiatan positif sehingga bermanfaat dan memiliki rasa tanggungjawab sebagai pelajar yang memiliki dedikasi baik,"harapnya.
 
Ia menambahkan, jika rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri dan lingkungan pendidikan  sudah tertanam dari awal,maka  ketika peserta didik mulai terjun ke masyarakat ataupun berada di lingkungan sekolah akan menghindari tindakan menyimpang,” pungkasnya.