PALAS -Pemkab Padanglawas melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan(Dusdikbud) menggelar seleksi kompetensi penilaian observasi bagi calon ASN PPPK jabatan fungsional guru di lingkungan pemerintah daerah.
 
Kegiatan seleksi penilaian berlangsung selama dua hari 27-28 November yang diikuti 458 terdiri dari Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah dan Guru Senior tingkat TK.SD dan SMP se Palas di lokasi SMK N 1 Barumun,Minggu(27/11/2022).

Plt Bupati Palas, drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu secara resmi membuka kegiatan seleksi penilaian kompetensi ASN PPPK dilingkungan Pemkab Palas.

"Bapak Kepala Sekolah, Pegawas Sekolah serta Guru Senior yang diberi tugas dan amanah sebagai penguji seleksi penilaian bagi ASN PPPK jabatan fungsional guru dapat melaksanakan dengan penuh tanggungjawab dan adil," harap Plt Bupati.

Di kesempatan ini juga, atas nama pemerintah mengucapkan selamat hari guru semoga kulaitas mutu pendidikan didaerah semakin baik dan berkembang.

"Ini kesempatan yang besar bagi seluruh guru honorer untuk diangkat jadi ASN PPPK,jadi diharapkan kepada kepala sekolah, pengawas sekolah dan guru senior dapat membantu seleksi penilaian dengan baik sesuai amanah tugas yang diberikan negara," imbuhnya.

Sebelumnya, Kadis Disdikbud Palas, Hj Rosida Wati Suriani mengatakan, kegiatan seleksi penilaian ini diikuti pengawas sekolah18 orang, kepala sekolah, 220 orang dan guru senior, 220 orang yang berasal dari 221 sekolah tingkat TK, SD dan SMP se Palas.

Sebelum memasuki ruangan seleksi penilian,para kepala sekolah, pengawas sekolah dan guru senior secara teknis melakukan penandatanganan pakat integritas tim penilai seleksi kompetensi PPPK untuk jabatan fungsional guru dilingkungan pemerintah daerah.

Dijelaskannya, sistem penilaian seleksi PPPK Tahap 3 Tahun 2022 menggunakan sistem penilaian observasi, di mana tim penilai terdiri dari pengawas sekolah, kepala sekolah dan guru senior.

Hal ini merupakan sistem penilaian baru yang dikembangkan oleh pemerintah pusat untuk lebih transparan dan akuntabilitas tinggi.

Jumlah pendaftar 678 peserta PPPK diharapkan, tim penilai memahami betul kompetensi peserta, apalagi tim ini dari sekolah asal peserta.

“Artinya penilai dan peserta berasal dari sekolah yang sama, tidak sekadar melihat siapa kemudian dipilih dan pastikan tim penilai mampu memilih yang terbaik sesuai kompetensi tentunya harus berpendidikan S1,” ujarnya.

Ia berharap, pelaksanaan seleksi penilaian observasi ini berjalan dengan lancar karena tim penilai observasi terdiri dari tim pengawas sekolah, kepala sekolah, dan guru senior tempat asal calon guru PPPK.

“Jadwal penilaian observasi akan dilaksanakan pada tanggal 27-28 November 2022, penilaian observasi akan dimonitoring Plt Bupati dan Badan Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Sumut," kata Hj. Rosida.

Ditambahkan, tim penilai seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) jabatan fungsional guru kabupaten Palas tahun 2022 bersikap obyektif dan transparan.

“Maka hindari sedapat mungkin unsur-unsur subjektivitas, jangan main-main dengan ini, karena semua yang dilakukan ini ada buktinya meskipun ini menggunakan nilai observasi tapi juga menggunakan sistem,” pungkasnya.

Hadir dikegiatan pembukaan seleksi penilaian, Asisten II, Marza Jennova.MM, Kepala Inspektorat, Inspektur Harjusli Fahri Siregar.SSTP, Kakan Kesbang, Alhaji Alamsyah Siregar.

Tampak juga hadir, Kaban BKPSDM Palas, Adi Putra Halomoan Hasibuan.SSI.MSi, Kabid Pengadaan Perencanaan dan Penilaian Kinerja ASN,Hakim Harahap, Kabid GTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Laskar Nasution.M.Pd serta pemantau Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Sumut, Rosnilam Siregar S.Pd.MAP.