SERGAI - Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya melaunching pasar murah khusus buruh dan pekerja di area pabrik pengolahan ikan Tilapia Regal Spring Indonesia (RSI) di Dusun VII  Desa Naga Kisar, Kecamatan Pantai Cermin, Sergai Jumat (25/11/2022). Dalam sambutan, Bupati Sergai mengatakan Karyawan PT. Aqua Fram Nusantara, RSI harus bisa menyekolahkan anak-anaknya hingga tingkat sarjana minimal SMA dan tidak ada lagi yang namanya buruh tidak mampu menyekolahkan anak mereka.
 
Untuk itu, lanjutnya buruh harus memiliki usaha lain, setidaknya usaha ternak, baik ternak bebek, kambing dan lainnya. Begitu juga dengan RSI ini bisa mendukung karyawannya untuk berusaha tersebut.
 
"Karyawan bisa dibimbing untuk ternak ikan, dan pakannya di subsidi oleh pabrik atau inovasi lainnya untuk buruh di RSI  hingga dapat menopang ekonomi mereka di luar dari buruh" harap Darma Wijaya.
 
Darma Wijaya sangat mengapresiasi pabrik pengolahan ikan tilapia RSI telah memfasilitasi program pasar murah yang di prakarsai oleh perwakilan buruh yang tergabung di serikat buruh yang ada di Sergai,"ujarnya.
 
"Ini merupakan tindak lanjut dari Pemkab Sergai menggelar pasar murah 1500 paket sembako usai berdiskusi saat aksi penolakan kenaikan BBM dan Inflasi berdampak pada ekonomi buruh, hingga pasar murah ini sasarannya adalah para buruh yang juga akan di jadwalkan dilokasi perusahaan lainnya"  papar Darma Wijaya.
 
Dalam kesempatan itu  Andrew Rooroh Head  of Corporate Affairs RSI sangat mendukung kegiatan pasar murah Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Mikro, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan  Pengelolaan Pasar Kab Sergai dan  Aliansi Serikat Pekerja Buruh Bersatu Sergai.
 
“Sebagai salah satu perusahaan dengan lebih dari 1.400 orang karyawan yang berdomisili di Sergai, kami sangat mendukung upaya pemerintah daerah dalam penyediaan akses yang mudah serta harga yang terjangkau terhadap bahan-bahan kebutuhan pokok yang diprioritaskan khusus  untuk para pekerja, terlebih di kondisi jelang akhir tahun seperti saat ini,” ujar Andrew Rooroh. 
 
“Tentunya kami berharap, kegiatan ini juga dapat membantu karyawan dan masyarakat menghadapi  perekonomian yang masih dalam kondisi kurang bagus, dan pengembangan UMKM serta ekonomi di Sergai," tambah Andrew. 
 
Pada rangkaian kegiatan Pasar Murah ini, ditargetkan 1.500  paket sembako yang dijual ke para pekerja di tiga titik lokasi. Untuk giat pada tahap ini, paket sembako berisi antara lain minyak, telur, beras yang dijual dengan harga terjangkau. 
 
AS Tanjung mewakili Aliansi Serikat Pekerja Buruh Bersatu Sergai sangat mengapresiasi program pasar murah bagi para buruh, begitu juga dengan RSI yang sangat respon dengan program tersebut.
 
"Kami sebagai buruh sangat mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Sergai yang menyahuti aksi kami sebelumnya, begitu juga dengan RSI yang langsung respon kegiatan tersebut hingga pasar murah ini dapat dirasakan oleh buruh" paparnya.