Medan -Sekitar 110 alumni HMI yang tergabung dalam rombongan Majelis Wilayah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Sumut, Rabu (23/11/2022), terbang bertolak menuju ke Palu Provinsi Sulawesi Tenggara (Sulteng) untuk mengikuti perhelatan Munas XI KAHMI.
 
Ketua Umum KAHMI Sumut, H Rusdi Lubis SH MMA didampingi Sekretaris Umum H Dadang Darmwan Pasaribu dan Ketua Panitia Pemberangkatan Usman Hasibuan di Bandara Kuala Namu mengatakan, rombongan besar KAHMI Sumut ini berasal dari para pengurus Majelis Daerah se-Sumut.

"Selain itu, juga terdapat pengurus Forum HMI Wati (Forhati) dari daerah se-Sumut serta sejumlah penggembira dari kalangan pengurus KAHMI Sumut," ungkap Rusdi Lubis.

Sebelum bertolak ke Palu mengikuti Munas, Rusdi Lubis bersama rombongan berkumpul di Sekretariat MW KAHMI Sumut, Kompleks Tasbih Blok 00 No 3 Medan, untuk menyatukan visi dan misi serta agenda yang akan diperjuangkan di arena Munas.

"Satu hal yang pasti kita akan sampaikan kembali tagline KAHMI Sumut, yakni "Hatiku hatimu, bersatu dalam nilai dan doa, demi keumatan, kemanusiaan dan kebangsaan," kata Rusdi.

Melalui Munas di Palu ini, sebut Rusdi, KAHMI Sumut akan berupaya tampil beda sekaligus memperlihatkan indikator-indikator, agar bisa menjadi role model KAHMI di Indonesia.

Sementara, Dadang Darmawan dan Usman Hasibuan menambahkan, keberadaan rombongan besar KAHMI Sumut nantinya, tentu tidaklah sekadar ikut meramaikan saja, tetapi akan berjuang untuk mewarnai Munas.

"KAHMI Sumut sudah menyiapkan 14 butir rekomendasi yang akan disampaikan di arena Munas. Salah satunya menginginkan agar KAHMI tidak lagi beraktivitas sebatas paguyuban," kata Dadang.

Usman menegaskan, sudah saatnya KAHMI berubah menjadi sebuah ormas, sebagaimana sudah dilakoni KAHMI Sumut di bawah kepemimpinan Rusdi Lubis, yakni terus bergerak memperjuangkan kepentingan keumatan dan kebangsaan.

"Tidak zamannya lagi, KAHMI hanya sebatas wadah ngumpul-ngumpul para alumni. Berbekal potensi dahsyat yang dimiliki, seharusnya membuat KAHMI bisa lebih aktif memberikan kontribusinya bagi kemajuan bangsa," kata Usman.

Sedangkan, terkait dengan figur-figur yang akan diperjuangan menjadi Presidium Nasional di Munas, Usman menyatakan, KAHMI Sumut akan memperjuangkan sosok yang kredibel dan jelas latar belakang ke-HMI-annya.

"Dan tentunya, yang lebih penting lagi, kita akan mengutamakan alumni HMI yang berasal dari Sumatera Utara, untuk dapat terpilih menjadi Presidium Nasional," tegas Usman.

Turut serta dalam rombongan, sejumlah pengurus KAHMI Sumut di antaranya Budi Ristianto, Muazzul, Anggi Rhaditya Lubis, Hadi Sukmono, Leriadi, Lusiani Andriani Lubis, Serasi Malem Sitepu, Marhayani Polem, Sulfia Rambe,Yenny Siregar dan lainnya.