MEDAN - Sungai Deli kembali meluap akibat hujan mengguyur kawasan hulu di pegunungan Sibolangit dan Tanah Karo pada Senin (21/11/2022) sore hingga malamnya. Luapan ini membuat banjir merendam rumah-rumah warga di perkampungan tepiannya di Medan hingga Selasa (22/11/2022) pagi, padahal mereka baru saja membenahi tempat tinggalnya pasca banjir Sabtu (19/11/2022) dan Minggu (20/11/2022) malam. "Banjir lagi, belum lagi hilang capek setelah membersihkan rumah dua hari terakhir, sudah banjir lagi," kata Putra dari dalam rumahnya yang terendam air berwarna kecoklatan hingga sepinggang di kawasan Kampung Aur, Kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimun.

Dia mengatakan banjir kali ini agaknya akibat hujan di kawasan pegunungan di Tanah Karo dan Sibolangit, mengingat di Medan meski hujan juga tapi hanya sebentar dan tidak lebat. "Kalau hari Sabtu dan Minggu lalu kan, memang hujan deras dan lama di Medan, sehingga banjirnya merata hingga ke jalanan tengah kota," katanya.

Rini, warga lainnya di sana terlihat pasrah dengan banjir kali ini. Dia membiarkan perabotannya terapung-apung di dalam rumah. "Biarkan sajalah dulu, soalnya sudah lelah kali kena banjir sejak Sabtu lalu," katanya, "takutnya kalau dirapikan banjir pula lagi, mana cuaca terus tak menentu belakangan ini."

Yahdi Sabil, Kepala Lingkungan IV (Kampung Aur) mengatakan pihaknya telah berkordinasi dengan pihak kelurahan dan kecamatan guna mengatasi dampak banjir di lingkungannya. "Sejak hari Sabtu lalu kami juga menyiapkan posko untuk membantu warga korban banjir," katanya. *