PALAS - Penyaluran bakat siswa dalam kegiatan olahraga sepakbola menjadi salah satu ekstra kurikuler favorit di SMK N 1 Barumun. kegiatan pembina olahraga yang paling digemari dan diminati para siswa yaitu olahraga sepakbola yang betujuan menjaga stamina dan kesehatan siswa sekaligus penyaluran minat dan bakat olahraga.
 
"Setiap ekstrakurikuler bidang olahraga,para siswa antusias untuk mengikuti kegiatan pelatihan dan bimbingan olahraga sepakbola dengan penuh semangat disalah satu sekolah favorit yang ada di Kabupaten Palas," kata guru olahraga sekaligus pelatih sepakbola SMK N 1 Barumun, Hendra Martua Muda Hasibuan.S.Pd,Sabtu(19/11/2022).
 
Dikatakan, untuk kegiatan ekstrakurikuler sepakbola ini dilaksanakan dua kali dalam seminggu.Jadwalnya pada setiap hari Senin dan Rabu sore pukul 16.00 WIB dilapangan hijau sepakbola SMK N 1 Barumun.
 
Ia menjelaskan, kegiatan ekstrakurikuler sepakbola ini di lingkungan SMK N 1 Barumun baru kembali aktif sekitar tiga bulan ini karena sebelumnya sempat pakum karena tidak ada dukungan dari Kepala Sekolah.
 
"Semenjak ibu Rita Emilia Batubara menjabat Kepala Sekolah pada Juli 2022,  kegiatan ekstrakurikuler sepakbola kembali diaktif sebagai penyaluran bakat dan minat siswa," ujar Martua Hasibuan.
 
Menurut  Hendra Martua Muda Hasibuan yang juga  salah seorang pelatih PS Palas Kabupaten Palas, kegiatan ekstrakurikuler sepakbola ini merupakan pembinaan karakter terhadap siswa untuk menunjang kegiatan proses belajar mengajar dibidang pembinaan bakat dan minat olahraga.
 
"Adanya kegiatan ekstrakurikuler sepakbola ini,para siswa termotivasi untuk menjaga kesehatan yang bermanfaat untuk kesehatan jasmani dengan jiwa dan pikiran yang sehat sehingga mendorong semangat untuk belajar," ungkapnya. 
 
Kedepan para siswa yang giat berlatih olahraga sepakbola,sambungnya akan mampu menjadi atlet sepakbola yang berkualitas dan berprestasi dilingkungan sekolah maupun masyarakat karena sudah mendapatkan pelatihan dengan baik.
 
"Di era zaman digital dan teknologi yang serba canggih saat ini,jika kalangan remaja tidak bisa menjaga diri akan sangat rentan terkontaminasi dalam hal-hal yang negatif," beber Martua Hasibuan.
 
Ia menambahkan, dengan adanya  kegiatan ekstrakurikuler sepakbola ini tentunya para siswa dapat menyalurkan hobi serta bakat mereka kepada hal yang positif.
 
"Saat ini jumlah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola berjumlah 30 siswa," terangnya.
 
Saat  ini peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola,katanya diikut sertakan dalam kompetisi sepak bola yang sifatnya umum di daerah Paringgonan Kecamatan Ulu Barumun.
 
Namun keikutsertaan di kompetensi tersebut mengatasnamakan kesebelasan Bina Putra yang merupakan kesebelasan binaan Ketua Askab PSSI Palas, Zainuddin Hasibuan SPd. MM. 
 
"Kita  tidak ada menargetkan apapun di kompetisi ini, namun berharap para siswa mendapat pengalaman dalam berkompetisi secara disiplin yang menunjukan kemampuan dan kuliatas saat berada  dilapangan sepakbola," ucap Martua yang juga pelatih PS Palas.
 
Namun apapun hasilnya nanti, sambungnya setidaknya mereka(siswa-red) telah mampu  mengikuti turnamen untuk  menambah jam terbang serta pengalaman  peserta didik.
 
Ditempat terKepala Sekolah SMK N 1 Barumun, Ita Emila Batubara SAg sangat menyambut baik dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler sepakbola ini. 
 
Ia menjelaskan, anak anak memang harus memiliki kegiatan  ekstra kurikuler  yang menyenangkan yang bersifat mendidik untuk menyalurkan bakat dan minat dalam bidang olahraga maupun seni tari dan lainnya yang sifat positif untuk mendorong semangat belajar.
 
"Melalui kegiatan ekstrakurikuler sepakbola maka dengan sendirinya peserta didik akan mendapat pembinaan untuk diarahkan untuk  bisa meraih prestasi yang menjadi kebanggan bagi sekolah," imbuhnya.
 
Rita Emilia menambahkan, pihak SMK N 1 Barumun terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan bagi peserta didik dengan memberikan motivasi untuk terus berinovasi dalam pengembangan bakat dan minat agar memiliki kualitas untuk bekal dunia lapangan pekerjaan setelah menyelesaikan pendidikan disekolah ini.