MADINA - Desember 2022, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 62 desa yang tersebar di 21 kecamatan. Bupati Madina melalui Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Mukhsin Nasution, Jumat (18/11/2022) mengatakan, siapapun calon kepala desa yang akan terpilih nantinya diharapkan memiliki tekat atau visi-misi untuk membangun desa yang lebih baik dari sebelumnya.
 
"Karena membangun Indonesia itu dimulai dari desa, mangkanya kita berharap Kades yang terpilih adalah Kades yang bersungguh-sungguh membangun desa bukan karena ada niat yang lain," imbuh Mukhsin.
 
Dia juga menyampaikan dengan berlangsungnya nanti pemilihan calon kepala desa pada Desember ini diharapkan sesuai Peraturan Bupati (Perbup) nomor 2 tahun 2022 dan dapat berjalan dengan baik.
 
Sementara itu, Kepala Bidang Dinas PMD Kabupaten Madina Hasan Basri mengatakan, untuk tahapan pemilihan calon kepala desa saat ini panitia sudah menetapkan bakal calon menjadi calon.
 
Panitia pemilihan kepala desa juga sudah mempersiapkan termasuk Daftar Pemilihan Tetap (DPT) untuk pemilihan calon kepala desa di 21 Kecamatan atau sebanyak 62 desa.
 
"Untuk penetapan nomor urut calon kepala desa juga sudah dibuat, sekarang ini kita hanya menunggu berkas untuk pencetakan kertas suara," katanya.
 
Hasan Basri melanjutkan untuk pemilihan calon kepala desa, pihaknya juga melakukan test kepada calon terkait kelengkapan administrasinya dan termasuk jumlah calon yang ikut dalam pemilihan kepala desa tersebut.
 
"Kemudian bila kita dapatkan calon yang ikut pemilihan kepala desa itu sebanyak 5 calon, kita hanya laksanakan tes tertulis," ujarnya.
 
Namun, pada pemilihan calon kepala desa serentak yang akan berlangsung Desember 2022 ini, ternyata membuat minat calon sangat antusias hingga di dalam satu desa ada 10 calon yang ikut bertanding.
 
"Kebetulan di Kabupaten Mandailing Natal ada tiga desa bakal calonnya lebih dari lima yaitu Desa Muara Bangko Kecamatan Ranto Baek kemudian Bonca Bayuon 6 bakal calon dan Desa Bonan Dolok 10 bakal calon yang mendaftar, maka diseleksi sehingga semua mendapatkan 5 calon yang ikut pemilihan kepala desa tahun 2022 di 62 desa 21 Kecamatan. Dan sekarang prosesnya masih lancar dimenjelang pencoblosan," ungkapnya.
 
Untuk diketahu 62 desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak tersebut terbagi tiga wilayah.
 
Untuk wilyah I adalah: Kecamatan Puncak Sorik Marapi Desa Hutabaru, Desa Handel, Desa Hutabaringin Julu. Kecamatan Panyabungan Selatan, Desa Huta Julu. Kecamatan Panyabungan Barat Desa Huta Tonga, Desa Barbaran.
 
Kecamatan Panyabungan Timur, Desa Sirangkap, Kecamatan Lembah Sorik Marapi, Desa Purba Baru. Kecamatan Bukit Malintang, Desa Malintang Jae, Desa Malintang Julu, Desa Malintang. Kecamatan Panyabungan, Desa Saba Jambu, Desa Siobon Jae, Desa Sopo Batu.
 
Kecamatan Hutabargot, Desa Kumpulan Setia, Desa Hutarimbaru, Desa Hutabargot Lombang, Desa Hutabargot Dolok, Desa Simalagi. Kecamatan Siabu, Desa Bonan Dolok, Desa Huraba I, Kecamatan Naga Juang, Desa Humbang I. Kecamatan Tambangan Desa Rao-Rao Lombang, Desa Tambangan Pasoman, Desa Tambangan Tonga, Desa Angin Barat.
 
Untuk wilayah II: Kecamatan Pakantan Desa Huta Julu, Desa Silogun. Kecamatan Muara Sipongi Desa Aek Botung, Desa Simpang Mandepo. Kecamatan Kotanopan
 
Desa Sibio-bio, Desa Hutapadang SM, Desa Padang Bulan, Desa Hutapungkut Tonga, Desa Patialo, Desa Sopo Sorik, Desa Muara Potan, Desa Simandolam.
 
Kecamatan Batang Natal, Desa Sopotinjak, Desa Ampung Julu, Desa Sipogu, Desa Tombang Kaluang, Desa Banjar Malayu, Desa Jambur Baru, Desa Aek Baru Jae, Desa Tor Naincat
 
Untuk wilayah III: Kecamatan Sinunukan Desa Sidomakmur, Desa Widodaren, Desa Pasir Putih. Kecamatan Ranto Baek Desa Muara Bangko, Desa Ranto Panjang, Desa Sampuran.
 
Kecamatan Lingga Bayu, Desa Aek Manyuruk, Desa Bonca Bayuon, Desa Lombung, Desa Pangkalan, Desa Simpang Durian, Desa Simpang Koje.
 
Kecamatan Muara Batang Gadis, Desa Tabuyung. Kecamatan Natal Desa Pardamean Baru, Desa Patiluban Hilir Kecamatan Batahan Desa Banjar Aur.