MADINA - Sebagian warga saat ini sudah dapat kembali menempati rumah yang rusak pasca terjadinya terjangan angin puting beliung beberapa hari yang lewat. Bencana anging puting beliung tersebut terjadi di wilayah pesisir pantai Desa Kuala Batahan, Kecamatan Batahan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) pada Selasa (15/11/2022) malam. Sedikitnya 13 rumah warga di bagian atap rusak berat akibat peristiwa itu.
 
Beruntung pada kejadian tersebut tidak ada menimbulkan korban jiwa maupun luka-luka. Hanya saja kepanikan warga tidak terhelakkan.
 
Atas peristiwa yang menimpa warga di Desa Kuala Batahan, Bupati Madina Muhammad Jafar Sukahairi Nasution mengucapkan belasungakawanya dan mengimbau warga untuk tetap waspada mengingat insetitas hujan dan kondisi cuaca beberapa hari ini tak menentu.
 
Sukhairi juga berpesan untuk warga yang tinggal dibantaran sungai maupun di dataran rendah untuk tetap wasapada.
 
"Bila ada potensi bencana segera beritahukan ke perangkat desa dan camat setempat dan pantau debit air apabila sedang hujan. Dan mari kita berdoa semoga daerah kita ini terhindar dari bencana," imbuhnya.
 
Semetara Camat Batahan Irsal Pariadi mengatakan peristiwa angin putin beliung yang terjadi di Desa Kuala Batahan menyebabkan 13 rumah warga, sepuluh diantaranya sekarang sudah dapat ditempati oleh penguninya.
 
Kemudian untuk selebihnya, warga bersama pemerintahan setempat baik dari kepolisian dan TNI, hari ini juga diperkiraakan akan siap diperbaiki rumah yang rusak tersebut sehingga dapat ditempati kembali oleh pemiiliknya dengan bergotong royong.
 
Dia juga menyampaikan bahwa bencana angin puting beliung yang baru saja menimpa warga, Muspika Kecamatan dan Polri/TNI saling bahu membahu untuk mecari solusi.
 
"Semua perbaikan yang sudah kita lakukan merupakan kebijakan sementara yang digalakkan oleh Muspika Kecamatan. Terkait data kerusakan dan apa saja bantuan yang diperlukan sudah kita laporkan ke pemerintah daerah melalui dinas sosial," katanya kepada wartawan, Kamis (17/11/2022).
 
Irsal mengatakan, untuk sekarang ini kondisi cuaca  di Kecamatan Batahan masih di landa hujan. Dan berharap kepada warga untuk tetap mewasapadai bila ada potensi banjiri maupun bencana lainnya.