PALAS - Kondisi cuaca  ekstrem menjadi salah satu ancaman yang harus diantisipasi masyarakat yang ditandai dengan tingginya intensitas  curah hujan diserta angin kencang. Menyikapi cuaca ekstrem tersebut, pihak PT PLN (Persero) melalui Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Sibuhuan,Kabupaten Padanglawas mengimbau,  masyarakat untuk waspada jika air meninggi dan menyebabkan genangan karena bisa mengancam keselamatan dari bahaya listrik.
 
Imbauan tersebut disampaikan Kepala ULP PLN Sibuhuan,Erwinsyah Harahap agar masyarakat atau kalangan anak -anak tidak bermain -main digardu distribusi  listrik atau tiang listrik yang terbuat dari besi saat tergenang air karena menimbulkan bahaya bagi keselamatan, Minggu (13/11/2022).
 
Erwinsyah menyarankan, ke warga tentang cara mengantisipasi bahaya listrik saat banjir.Apabila air sudah memasuki rumah akibat banjir, pelanggan diimbau segera mematikan listrik dari Miniature Circuit Breaker (MCB).
 
Hal ini bertujuan menghindari bahaya tersengat listrik karena air merupakan konduktor listrik, pastikan pelanggan mencabut seluruh peralatan elektronik yang tersambung dengan stop kontak untuk menghindari terjadinya arus pendek dan lainnya.
 
Ia menjelaskan, kalau kondisi  potensi genangan air naik atau banjir, diharapkan pelanggan agar meletakkan peralatan elektronik ke tempat yang lebih aman dan tidak terjangkau air, bila aliran listrik yang terkena banjir tidak padam, segera hubungi contact centre PLN 123 dan hubungi instansi terkait penanggulangan bahaya banjir.
 
”Bila terjadi ancaman keselamatan dari jaringan listrik akibat potensi banjir atau imbas cuaca ekstrem lainnya, masyarakat segera melaporkan serta meminta penghentian pasokan tenaga listrik sementara kepihak PLN terdekat,"terangnya.
 
Kata Erwinsyah, keselamatan masyarakat adalah hal yang paling utama. Oleh karena itu saat hujan lebat dan mengakibatkan banjir, maka listrik terpaksa dipadamkan sementara agar menghindari konduktor listrik.
 
Lanjut Erwinsyah, pihak ULP PLN Sibuhuan senantiasa bekerja dengan mengutamakan keselamatan pelanggan. Selain itu memastikan keunggulan layanan yang akan segera dinormalisasi dengan cepat bila terjadi gangguan sebagai imbas dari cuaca ekstrem.
 
Hal ini sudah menjadi komitmen PLN untuk terus  berupaya menjaga pasokan listrik tetap andal dan beroperasi secara optimal,ucap Erwinsyah seraya mengingatkan, pelanggan untuk selalu waspada bahaya listrik saat musim hujan.