PALAS -Pemkab Padanglawas menggelar upacara Hari Pahlawan Nasional ke - 77, dengan tema "Pahlawanku Teladanku", Kamis (10/11/2022), di halaman Komplek Perkantoran SKPD Terpadu Sigalagala Sibuhuan.
 

Bertindak sebagai Inspektur upacara, Kapolres Palas AKBP Indra Yanitra Irawan SIK.MSI. Peserta yang mengikuti upacara, para Guru, Organisasi Kepemudaan, Pimpinan OPD dilingkungan pemerintah Pemkab Palas, para PJU Polres Palas dan Perwira Penghubung Kodim 0212/TS.

Pidato amanat Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini yang dibacakan Kapolres Palas AKBP Indra Yanitra Irawan SIK.MSI menyampaikan, momentum Hari Pahlawan mengingatkan kita kembali untuk selalu hidup dalam benak kita tentang perjuangan para pahlawan bangsa.

"Para pejuang yang gugur dalam medan pertempuran mempertahankan kemerdekaan, dengan hanya berbekal bambu runcing bergerak serempak dengan penuh semangat menghadang musuh," katanya.

Kata Kapolres, semangat kebersamaan dengan bergandeng tangan dengan para tokoh masyarakat dan pemuka agama berikut pengikut dan santrinya secara bersama laskar -laskar pemuda dan pejuang dari saentro nusantara melebur menjadi satu, dengan tekad "merdeka atau mati".

"Untuk perlu kita ketahui, lanjut Kapolres, hari ini pun kita berada dalam perjuangan besar menaklukan ancaman dan tantangan yang nyata - nyata berada di hadapan kita, yaitu pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih. Kiranya perlu kita persiapkan dengan sungguh - sungguh," harap Menteri Sosial mengingatkan.

Untuk itu, sambung AKBP Indra Yanitra kita harus meneruskan pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbaharukan melakukan pengembangan sumber pangan berbasiskan potensi dan kearifan lokal, sebagai solusi pemenuhan kebutuhan pangan dan memperkuat keragaman pangan.

"Dan mengelola sumber daya air secara bijak untuk menjamin keamanan dan ketahanan sumber daya air yang diharapkan dapat menopang keberlangsungan hidup dan kehidupan generasi kini dan generasi mendatang dengan lebih baik lagi," ujar Kapolres mengutip amanat Menteri Sosial RI.

"Dari Aceh Hingga Papua, saya melihat dan merasakan geliat serta semangat untuk bangkit makin menyala, masyarakat dimanapun berada menyuarakan gairah untuk berantas kebodohan dan memerangi kemiskinan dalam arti yang luas," ungkapnya.

Ia menambahkan, mulai dari meningkatkan pengetahuan, melatih ketrampilan, sampai dengan budi daya dan pengelolaan hasil bumi.

"Maka dari itu, harapnya, mari kita jadikan moment peringatan hari Pahlawan ke 77 Tahun 2022 ini untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain, dengan mengisi kemerdekaan menjadi Pahlawan yang dimulai dari diri sendiri," harapnya.

Melalui momen Hari Pahlawan ini, ajaknya mari Kita berantas kebodohan, perangi kemiskinan dan upaya pecah - belah bangsa untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur, kita lawan paham radikal, kita tumbuh kembangkan semangat gotong royong untuk menyongsong masa depan cerah.