PALAS - Momentum Peringatan Hari Pahlawan Nasional ke-77 di Kabupaten Padanglawas diwarnai pemberian tali asih kepada keluarga legiun veteran RI, Kamis (10/11/2022) di halaman Komplek Perkantoran SKPD Terpadu Sigalagala Sibuhuan. Usai kegiatan upacara Hari Pahlawan, Kapolres Padang Lawas AKBP Indra Yanitra Irawan, SIK.MSi dan Sekda Palas, Arpan Nasution S.Sos dan unsur Forkopimda menyerahkan tali asih sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada para legiun Veteran RI yang telah berjasa untuk kemerdekaan NKRI.

"Sesuai tema hari Pahlawan 'Pahlawanku Teladanku' untuk kita renungkan bersama agar selalu menghargai dan menghormati jasa para pahlawan termasuk legiun Veteran RI yang harus menjadi tauladan kita," kata Sekda.

Menurut Sekda, kita harus menjadi teladan yang telah diajarkan para pahlawan dengan beragam nilai untuk kita warisi dan ikuti. Dengan pemikiran dan karya-karya nyata, para pahlawan bangsa telah mengajarkan kita pantang menyerah sebesar apapun ancaman dan tantangan yang dihadapi.

Dikatakan, sesuai tema 'Pahlawanku Teladanku dengan semangat Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat' di peringatan Hari Pahlawan diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat.

"Momentum hari Pahlawan ini harus memberikan kontrubusi yang bermanfaat bagi para legiun veteran RI yang telah berjuang untuk kemerdekaan tanpa pernah pantang menyerah untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan," ucapnya.

ia menambahkan, mari kita jadikan momentum Peringatan Hari Pahlawan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain dlam mengisi kemerdekaan dengan menjadi pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya.

"Jadikanlah semangat dan nilai–nilai Kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita bersama," imbuhnya.

Dikesempatan itu juga, Sekda mengajak para pemuda dan masyarakat untuk selalu mengenang dan menghormati para pejuang kemerdekaan.

"Bangun ingatan kolektif bangsa agar dapat diimplementasikan semangat dan nilai-nilai luhur pahlawan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam NKRI amanat pahlawan bangsa," tutupnya.

Turut memberikan tali asih kepada keluarga legiun Veteran RI dan para pejuang olahraga di Kabupaten Palas yang menorehkan prestasi ditahun 2022 menerima tali asih dari Pemkab Palas.