PALAS -Memasuki musim penghujan, masyarakat diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya bencana. 
 
Masyarakat juga diminta meningkatkan kerjasama dan koordinasi yang sinergis, baik antar warga maupun dengan dinas instansi terkait.

Hal itu disampaikan Plt Bupati Palas, drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi menyikapi memasuki musim penghujan. Karena ada beberapa daerah di Sumut mengalami banjir yang berdampak terendam puluhan rumah dan prasarana dan sarana jalan umum, Minggu (6/11/2022).

Plt Bupati mengingatkan, warga yang berada di bantaran daerah aliran sungai agar meningkatkan kewaspadaan masyarakat dari berbagai kemungkinan bencana banjir dan longsor.

"Masyarakat diimbau perlu meningkatkan kewaspadaan dini agar dapat terhindari dari bencana alam seperti banjir dan longsor di musim hujan saat ini," ucapnya.

Selain itu, Plt Bupati juga mengajak masyarakat untuk melakukan gerakan menanam pohon, agar ketersediaan air tanah dan kelestarian lingkungan terjaga.

Menurutnya, menanam pohon di samping menjaga lingkungan, juga untuk memenuhi kebutuhan dan sekaligus bagian dari ibadah.

Disisi lain, Plt Bupati memandang perlu untuk meningkatkan kepedulian lingkungan karena bagian dari upaya menjaga keseimbangan hubungan antara manusia dan alam.

"Mari kita tingkatakan kegiatan gotong-royong untuk menjaga kelestarian lingkungan agar terhindar dari bencana banjir dan lainnya," imbuhnya.

Ia juga berpesan, kepada seluruh masyarakat Kabupaten Palas untuk tetap membangun kebersamaan dan kekompakan dalam mengantisipasi berbagai bencana alam untuk saling tolong menolong sebagai bentuk kepedulian untuk kebersamaan.