ASAHAN - Guyuran hujan tak henti-henti mengakibatkan 18 desa di 9 kecamatan yang ada di Kabupaten Asahan terendam banjir. Pantauan Gosumut.com, adapun daftar kecamatan tersebut adalah Kecamatan Air Joman terdapat 5 desa dan 1 kelurahan, Kecamatan Setia Janji terdapat 5 desa, Kecamatan Buntu Pane terdapat 1 desa, Kecamatan Rawang Panca Arga terdapat 1 desa.
 
Selain itu, Kecamatan Sei Dadap terdapat 1 desa, Kecamatan Silau Laut terdapat 1 desa, Kecamatan Aek Ledong terdapat 1 desa, Kecamatan Tinggi Raja 1 desa dan Kecamatan Simpang Empat 1 desa.
 
Hal itu benarkan Kadis Kominfo Kabupaten Asahan, Syamsuddin saat dikonfirmasi, Jumat (4/11/2022). Ia mengatakan, data desa yang terkena musibah banjir ini merupakan data sementara.
 
"Untuk data ini masih sementara, nanti kita akan informasikan apabila ada perubahan," ujarnya.
 
Kata Syamsuddin, adapun upaya penanggulangan telah dilaksanakan secara extra oleh BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Asahan bersama instansi terkait dan Forkopimcam setempat.
 
"Penanggulangan tetap dilaksanakan dengan extra. Perlu diketahui, bahwa desa yang terkena banjir, tidak secara keseluruhan desanya terendam banjir. Namun, hanya beberapa dusun," katanya lagi.
 
Sambungnya, sebagian warga para korban banjir ada yang mengungsi karena rendaman air cukup tinggi dan ada yang masih menetap di rumahnya karena ketinggian air masih rendah.
 
"Tentunya dari Pemkab Asahan kami tetap berupaya sebaik mungkin untuk para korban banjir," ujarnya mengakhiri.