PADANGSIDEMPUAN - Seorang bayi laki-laki, anak pasangan Herman Zega (30) dan Deriana Laia (22) di Kota Padang Sidempuan, membutuhkan uluran tangan dari dermawan. Bayi yang lahir dengan persalinan normal pada Jumat (28/10/2022) sekitar pukul 14.20 WIB, disambut bahagia orangtuanya. Namun esoknya, bayi mungil itu tidak menangis lagi. Tubuhnya, tiba-tiba membiru. Kedua orangtuanya lantas membawa bayinya ke Rumah Sakit Metta Medika Kota Padang Sidempuan untuk mendapatkan pertolongan pertama.
 
Dokter yang memeriksa bayi itu mendiagnosa bahwa ada cairan di dalam paru-parunya atau aspirasi pada bayi. Bayi Itu mendapat perawatan di Ruang Perinatologi Rumah Sakit Metta Medika Kota Padang Sidempuan. Ayah bayi itu selama ini bekerja di tempat orang lain, dan kini tengah merintis usaha menjahit.
 
Mereka sempat mengurus BPJS Kesehatan secara online namun tidak berhasil sehingga bayi dirawat sebagai pasien umum. Bayi itu minimal harus mendapat perawatan selama 15 hari dengan estimasi biaya per hari sekitar kurang lebih satu juta rupiah.
 
Memang, ayah DZ baru saja mengurus BPJS Kesehatan dan seperti biasanya, akan aktif setelah 14 hari. Orangtua bayi itu mendatangi Kantor Burangir di Kota Padang Sidempuan guna memohon pertolongan.
 
Juli H Zega, Pengurus Lembaga Burangir saat bertemu wartawan pada Rabu (2/11/2022) pagi, mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan rumah sakit agar memberi kompensasi, agar bayi itu tetap mendapatkan penanganan yang maksimal.
 
"Kami mohon doa ke semuanya untuk pemulihan adik kita," harap Juli.
 
Ia memohon uluran tangan dermawan untuk bantu ringankan beban kedua orangtua bayi. Jika hendak membantu, sebut Juli, bisa mengirim donasi ke Nomor Rekening 2008196721 atas nama Burangir di Bank Syariah Indonesia.
 
"Untuk konfirmasi slip donasi boleh dikirim ke nomor kontak 082368774440 (Burangir) atau 082362536606 (ayah kandung bayi )," beber Juli menutup.