SERGAI - Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) Kabupaten Serdang Bedagai sedang memperbaiki jalan rusak yang berlokasi Desa Sei Parit, Kecamatan Sei Rampah, Sergai. "Rusaknya jalan tersebut akibat sering dilintasi truk yang melebihi over tonase kurang lebih 30 ton, sehingga Dinas PUPR Serdang Bedagai langsung turun dilokasi," kata Kepala Dinas PUPR Sergai, Johan Sinaga kepada wartawan, Senin (31/10/2022).

Ia mengatakan perbaikan jalan ini sedang berjalan dan pekerjaan tersebut tidak langsung ramping. Karena butuh proses agar jalan yang diperbaiki mendapat kepadatan yang cukup dan matang, kemudian baru dihampar dengan material base klas A dan dihotmix kembali.

"Kurang lebih 5 kilometer yang dibangun pada ruas jalan tersebut dan hanya ada beberapa titik yang mengalami rusak akibat sering dilintasi truk yang melebihi tonase, namun jalan yang rusak saat ini sedang diperbaiki," papar Johan Sinaga.


Sementara itu, Pejabat Pembuat komitmen, Erwinsyah Deny, ST menambahkan pekerjaan tersebut sedang diperbaiki.

"Saat ni sudah dilaksanakan pekerjaan sirtu dan dilakukan pemadatan dengan alat dan di lakukan pemadatan melalui open trafic beberapa hari. Setelah itu akan dilaksanakan pekerjaan lapisan agregat kelas A dan dilanjutkan dengan pekerjaan hotmix," papar Erwinsyah.

Perlu diketahui bersama lanjut Erwinsyah, kerusakan jalan tersebut dikarenakan kendaraan yang lewat melampaui beban maksimum kelas jalan yaitu kelas III dengan kapasitas maksimal 8 ton. Sementara yang melewati sampai 30 ton.

"Kita lihatlah truk yang melintasi jalan ini, banyak truk yang melintasi yang melebihi tonase hampir 30 ton. Ia juga menegaskan bahwa perbaikan jalan tersebut pekerjaan sirtu dan bukan dihampar tanah yang seperti diberitakan sebelumnya," sebut Erwinsyah saat dilokasi pengerjaaan jalan.

Menurutnya, saat ini Dinas PUPR Serdang Bedagai sebelumnya sudah melakukan sosialisasi kepada pihak Perkebunan maupun pihak perusahaan, agar untuk mengurangi muatanya sesuai jalan Kabupaten yaitu kelas III dengan maksimum kapasitas 8 ton. Jika tidak maka jalan tersebut akan kita portal," tegasnya.