MADINA - Dugaan keracunan usai menyantap sate ayam hingga menyebabkan puluhan warga mengalami menceret, mual dan muntah. Dinas Kesahatan Kabuputen Mandailing Natal (Madina) bawa sampel makanan ke Balai Teknik Kesehatan lingkungan Pengendalian Penyakit ( BTKL-PP) Provinsi. Ada 28 warga Desa Runding, Kecamatan Panyabungan Barat yang dirawat di rumah sakit akibat keracunan makanan usai santap sate keliling tempat mereka tinggal. 17 orang dirawat di RSU Panyabungan dan 11 orang dirawat Observasi oleh Petugas Puskesmas di Posko Desa Runding, korban termasuk yang sudah dewasa, remaja bahkan anak-anak.
 
Plt Kepala Dinas Kesehatan Faisal Situmorang mengatakan pada Jumat (28/10/2022), sekira pukul 15:00 Wib, puluhan warga mengalami mual dan muntah setelah menyantap sate ayam milik SR seorang warga di Kecamatan Panyabungan pada Jum'at sekira tiga jam.
 
"Selanjutnya warga dibawa ke RS untuk diberi pertolongan pertama yang dibantu oleh pertugas Puskesmas, TNI/Polri dan piihak pemrintah desa," katanya.
 
Kemudian pada Sabtu (29/10/2022), puluhan warga yang mengalami dugaan keracunan tersebut yang sedang dirawat kondisinya sekarang sudah membaik.
 
"Untuk warga yang dirawat di RSU Panyabungan keadaan umumnya kondisinya baik, sementara warga yang dirawat oleh petugas Puskesmas di posko juga sudah membaik dan sudah pulang ke rumah mereka masing-masing," ujar dr Faisal.
 
Pihaknya juga katanya akan membawa sampel sampel sisa makanan dan urine korban ke Balai Teknik Kesehatan lingkungan Pengendalian Penyakit ( BTKL-PP) Provinsi. 
 
"Tindakan yang dibuat termaksuk mengambil sampel sisa makanan sate dan bungkusnya serta bumbu racikan sate dan sampel muntahan korban sampel darah Dan urine yang akan dikirim ke BTKL-PP," ucapnya.
 
Dia juga menambahkan dengan adanya peristiwa yang menyebabkan warga diduga keracunan makanan pihak Puskesma di Kabupaten Madina untuk meningkatkan kewasapadaan dan melakukan sosialisasi kepada warga.
 
"Baik itu mensosialisasikan untuk menjaga perilaku hidup bersih dan sehat dengan jalan cuci tangan pakai sabun dan air mengalir sebelum makan," imbuhnya.
 
Kemudian berhati- hati saat belanja bahan makanan dan memperhatikan apakah ada perubahan warna sayur dan buah. 
 
"Jangan jajan sajian makanan sembarang tempat," pungkasnya.
 
Selain pulahan warga Desa Runding mengalami dugaan keracunan makanan usai santap sate keliling. Warga desa di Kecamatan Ranto Baek juga alami hal serupa yang mengakibatkan 16 warga di rawat.