MADINA - Dugaan keracunan makanan di Kabupaten Mamdailing Natal (Madina) kembali terjadi. Korbannya mayoritas anak-anak. Anak-anak tersebut berasal dari warga Desa Runding, Kecamatan Panyabungan Barat, Kabupaten Madina, terpaksa dilarikan ke rumah sakit setelah menyantap sate keliling di tempat mereka tinggal, Jumat (28/10/2022).
 
Sebelumnya 16 orang anak dari warga Desa di Kecamatan Ranto Baek juga mengalami hal yang sama dan korban terpaksa dirawat di klinik kesehatan setempat. Karena merasakan mual, muntah dan pusing usai menyantap sate keliling ditempat tinggal mereka.
 
Di rumah sakit umum Panyabungan, anak-anak dari Desa Runding tersebut sebanyak 14 orang dirawat. 
 
Kepada Desa Runding Abdullah Amin Rangkuti mengatakan sebelumnya banyak warga yang mengeluhkan banyak yang merasakan tidak enak diperut usai mereka makan sate ditempat mereka tinggal.
 
"Akhirnya saya sarankan mereka untuk ke rumah sakit agar diperiksa," katannya.
 
Dia mengatakan bahwa warga yang merasakan sakit perut usai santap sete ditempat mereka tinggal baru kali ini terjadi.
 
"Biasannya penjual sate keliling itu setiap hari Jum'at biasanya datang ke desa dan baru kali ini warga seperti ini," ujar Kepala Desa.
 
Kepala Desa itu juga mengatakan untuk saat ini ambulan disiagakan di desa mereka. Posko penampungan warga sementara pun di balai desa juga sudah disiapkan untuk pertolongan pertama bagi warga yang diduga keracunan makanan.
 
Dugaan keracunan makanan yang dimayoritasi anak-anak itu pun sekarang menjadi perhatian polisi. Polisi saat ini sedang melakukan pencarian terhadap penjual sate untuk dimintai keterangan.
 
"Untuk sementara ini korban yang ada di rumah sakit sudah mencapai 14 orang, dan pihak kepolisian nantinya akan mengambil sampel makanan, termasuk juga penjualnya akan kita panggil untuk dimintai keterangan," kata Kapolsek Panyabungan AKP Andi Gustawi.