PALAS - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sumut melantik Pengurus PMI Kabupaten Padanglawas (Palas) masa bakti 2022 – 2027, Jumat (28/10/2022). Pelantikan pengurus PMI Kabupaten Palas bersamaan dengan pelantikan PMI Kabupaten Simalungun, Humbang Hasundutan, Nias Barat serta Kabupaten Toba, di Aekna Pine Resort Danau Toba Parapat, Kabupaten Simalungun.
 
Prosesi pelantikan kepengurusan PMI Kabupaten Palas sebanyak 15 orang termasuk Ketua dan Pengurus dipimpin langsung Ketua PMI Provinsi Sumut,DR.H.Rahmat Shah diawali dengan  pembacaan Keputusan PMI Provinsi Sumut serta penyerahan bendera pataka PMI.
 
Harjusli Fahri Siregar.SSTP.M.Si diberi amanah untuk menahkodai Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Palas masa bakti 2022-2027 berdasarkan Keputusan Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sumatera Utara Nomor : 011/1..02.00/KEP/PMI Prov.SUMUT/V/2020 tentang, pengesahan pengurus PMI Kabupaten Padanglawas (Palas).
 
Terlaksananya rapat pembentukan PMI Kabupaten Padanglawas dilaksanakan oleh pemegang mandat pada tanggal 18 Mei 2022 dengan tujuan kelancaran kegiatan operasional PMI Kabupaten Palas dalam menjalankan misi kemanusiaan, maka dianggap perlu untuk membentuk Kepengurusan.
 
Hal itu sesuai Undang-undang Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Kepalangmerahan. 2. Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2019 Tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Kepalangmerahan serta anggaran dasar dan anggaran rumah tangga PMI. 
 
Di kesempatan itu,DR.H Rahmat Shah berpesan, kepada Ketua dan pengurus PMI Kabupaten Palas untuk menunjukan kerja nyata yang positif untuk kemanusian dengan panggilan hati nurani secara ikhlas.
 
"Orang -orang yang bergabung di PMI untuk betul -betul ikhlas dalam melaksanakan kerja kemanusian dengan dedikasi tinggi menangani masalah kemanusian," tegas Rahmat Shah.
 
Ia juga mengingatkan, pengurus PMI harus sebagai relawan yang memiliki kemampuan dalam penanganan kebencanaan.
 
"Kemampuan pengurus harus dipersiapkan khususnya dalam pelayanan donor darah di tingkat Kabupaten harus terus ditingkatkan melalui kebersamaan,kekeluargaan  dan kerjasama yang baik,itulah modalnya sehingga hasil kerja nyata PMI bermanfaat untuk kemanusiaan," harapnya kepada Ketua PMI Palas yang baru dilantik.
 
Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Palas,Harjusli Fahri Siregar.SSTP.MSi berjanji,siap menjalankan amanah yang dipercayakan dalam kegiatan kerja untuk kemanusian.
 
Harjusli berharap,pengurus PMI Kabupaten Palas yang diberi amanah oleh Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan, antara lain di bidang penanganan bencana dan pelayanan darah agar bekerja dengan tulus dan ikhlas atas panggilan hati nurani.
 
Lebih lanjut Ketua PMI Palas menyampaikan, terima kasih atas bimbingan dan arahan PMI Provinsi Sumut untuk kegiatan kerja kemanusian lima tahun kedepan.
 
"Mari kita bangun sinergitas dengan pemerintah daerah dengan menjalin kerjasama untuk kegiatan kemanusian agar berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan, " pinta kepada pengurus PMI Palas yang baru dilantik.
 
Adapun susunan Kepengurusan Palang Merah Indonesia(PMI) Kabupaten Palas  masa bakti 2022-2027.
 
Pelindung Bupati Padanglawas, Ketua Harjusli Fahri Siregar, S.STP, M.Si, Wakil Ketua Saiful Bahri Halomoan Hasibuan, S.Kep.,Ners, Ketua Bidang Organisasi Muhammad Adlan Nasution, S.P, Ketua Bidang Penggalangan Dana, Sarana dan Prasarana Sugianto Harahap, ST.
 
Ketua Bidang Donor Darah dr. Seno, Ketua Bidang Anggota dan Relawan Rusiyanto, S.Pd, Ketua Bidang Hubungan Kerja Sama Bidartis Nur Ibrahim Rangkuti, S.T, Ketua Bidang Pelayanan Kesehatan dan Sosial Hendra Dinata, S.KM, M.KES.
 
Selanjutnya Ketua Bidang Penanganan Bencana Irsan Soleh Lubis, S.Si, Ketua Bidang Informasi Dan Komunikasi Sayur Khoiri Harahap, S.Sos, M.Si, Sekretari Zainuddin Hasibuan, S.Pd, MM, Bendahara Abd. Rahman MY, SE, MM, Anggota Irsan Soleh Lubis, S.Si, Desni Romaputra Nasution, S.KM, Erwin Saleh Pulungan dan Masrida Mintana Hasibuan.S.KM.