TOBA -Tim SAR BASARNAS Danau Toba Parapat dengan Tim Operasi SAR nya mulai pukul 08.00 wib pagi tadi Senin, (24/10/2022) melakukan upaya pencarian seorang pria beranak 3 Robby Hutauruk (47) warga P.Siantar di perairan Danau Toba Pantai Pasir Putih desa Parparean II Kec.Porsea Kab.Toba yang diduga tenggelam Minggu, (23/10/2022) sekira pukul 13.00 Wib.
 
Koordinator Pos SAR Danau Toba Parapat Hisar Turnip,SE dalam keterangan tertulisnya menyebutkan, Oleh Tim SAR BASARNAS Danau Toba Parapat telah melakukan pencarian korban dengan menggunakan Aqua Eyes yang berguna untuk mendeteksi keberadaan korban didalam air.

Upaya pencarian dilakukan juga dengan penyelaman di kedalam 8 meter pada luas area penyelaman +_50 meter persegi.

Untuk upaya pencarian korban, oleh tim SAR BASARNAS Danau Toba melakukan penyelaman sebanyak dua kali. dilakukannya penyelaman sebanyak Dua kali dan beristirahat untuk mengatur suhu badan penyelam didalam air dan sekaligus untuk pengisian ulang oksigen ditabung penyelam.sebutnya.

Sesuai informasi dari tim penyelam menyebutkan, Kendala yang dihadapi selama dilakukan penyelaman untuk mencari korban adalah arus bawah air yang cukup kuat dan lumayan deras yang menyebabkan penyelam mudah terseret oleh arus bawah air.

Pada Pukul 17.00 Wib, upaya pencarian dihentikan sementara dengan hasil korban belum diketemukan dan akan dilanjutkan kembali besok pagi.

Camat Porsea Edwart Butarbutar ketika di konfirmasi Gosumut com melalui selulernya menjelaskan, dengan upaya pencarian yang dilakukan oleh tim di hari ini belum membuahkan hasil dan korban belum ditemukan.

Disebutkan Edward, dalam upaya pencarian korban oleh Tim SAR BASARNAS Danau Toba Parapat bersama Tim SAR kedaruratan BPBD Kab.Toba dilakukan dalam 2 tahapan pencarian.pencarian dan penyelaman pertama dilakukan mulai sekitar pukul 09.30 Wib sampai pukul 11.00 Wib.

Karena tak ditemukan dilakukan istirahat sekaligus pembenahan peralatan penyelaman mengisi Oksigen dan pengaturan suhu tubuh penyelam dan dilanjutkan sekitar pukul 15.00 Wib hingga pukul 17.00 Wib namun korban juga belum di ketemukan.

Untuk hari ini pencarian oleh tim menyepakati bersama untuk dihentikan sementara dan akan dilanjutkan besok Selasa, (25/10/2022).