PALAS -Upacara pembukaan perkemahan Sabtu Minggu (Persami) dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Padanglawas, Sabtu (23/10/2022)di lapangan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Padang Lawas Plus Keterampilan Dan Riset.
 
Selain pembukaan persami juga dirangkai dengan pelantikan Calon Dewan Penggalang (CDP) yang baru mengantikan pengurus yang lama yang sudah habua masa baktinya.

Peserta upacara Persami diikuti oleh semua Calon Dewan Penggalang dan Dewan Penggalang serta Kakak-Kakak Pembina Pramuka dan pendamping Pembina Pramuka MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas H. Abdul Manan, MA selaku pembina upacara berpesan, seluruh peserta Persami senantiasa menerapkan dan mengaplikasikan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka dalam kehidupan sehari-hari baik saat mengikuti pembelajaran di madrasah dan ditengah masyarakat.

"Peserta anggota pramuka yang telah mengikuti Persami ini bisa menjadi contoh atau suri teladan bagi siswa-siswi lainnya terutama terkait penegakan ketertiban dan kedisiplinan di lingkungan madrasah," katanya.

Ia juga berharap, anggota pramuka harus bisa mengaplikasikan nilai-nilai kedisiplinan, keimanan dan ketaqwaan serta kreativitas keterampilan dalam keseharian, tidak hanya saat kegiatan pramuka.

Namun diterapkan juga pada saat kegiatan belajar di madrasah nantinya. "Jadilah teladan bagi teman-teman lain dalam segala hal kebaikan," ujar H. Abdul Manan.

Lanjut Kakan Kemenag berpesan, semua peserta Persami dapat mengikuti kegiatan sesuai dengan aturan dan tata tertib yang telah ditetapkan oleh kakak-kakak Pembina atau Panitia.

Menurutnya, kegiatan bisa berjalan dengan lancar dan tertib, sukses serta hasilnya maksimal dan memberi manfaat bagi adik-adik peserta dan juga madrasah jika diikuti dengan baik.

Dikesempatan itu juga, Kakan Kemenag Palas H. Abdul Manan.MA usai membuka kegiatan Persami mengajak semua peserta dan pembina pramuka secara bersama -sama mengucapkan lafadz basmalah.

"Kegiatan Persami ini berlangsung selama dua hari dimulai 23-24 Oktober 2022 dilingkungan Madrasah setempat," pungkasnya.

Setelah utu seluruh peserta yang mengikuti Persami memasuki kelas untuk mengikuti sesi kegiatan Persami oleh panitia pelaksana kegiatan.

Hadir dikegiatan pembukaan Persami tersebut, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, H. Ahmad Husein Nasution, SPd.MM, Kepala MAN 1 Palaa Plua Keterampilan dan Riset, Hj. Mahnidar Azwarni Nasution, S.Ag, Kepala MTsN 1 Palas, Hj Mahyarni Junida Nasution SPd.MA, Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Padang Lawas, Zainuddin Hasibuan SPd.MM dan Kakak Pembina Pramuka.