PALAS - Momentum peringatan Hari Santri ke 8 tahun 2022 di Kabupaten Padanglawas (Palas) diwarnai dengan pemberian tali asih kepada para guru  pesantren yang telah lanjut usia (Lansia). Secara langsung Plt. Bupati Padanglawas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, MSi memberikan tali asih kepada puluhan guru pesantren lanjut usia sebagai bentuk perhatian pemerintah.
 
Kegiatan peringatan Hari Santri ke 8 yang dipusatkan  di Desa Sayur Mahincat, kecamatan Aeknabara Barumun dihadiri ribuan santri yang berasal dari 33 pondok pesantren se Kabupaten Palas, Sabtu (22/10/2022).
 
"Pemberian tali asih sebagai salah satu bukti kepedulian dan perhatian  pemerintah terhadap pesantren khususnya para guru atau ustadz yang mengabdi di pondok pesantren," kata Plt. Bupati Palas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, MSi.
 
Kita harus selalu mengingat jasa atas pengabdian mereka,lanjutnya atas dedikasi  mendidik dan membimbing generasi muda  untuk menjadi insan yang beriman, berakhlak dan bermartabat.
 
Salah satu guru pesantren yang menerima pemberian tali asih dari Pemerintah Kabupaten Palas,Sahminan Hasibuan,B.Sc (70) yang sudah mengabdi di pesantren selama 24 tahun.
 
"Saat ini guru atau ustad Sahminan masih aktif dalam untuk mengabdi disalah satu Ponpes Syekh Muhammad Dahlan Aek Hayuara Sibuhuan," terang Plt Bupati.
 
Ia menambhakan, para guru atau ustad yang telah lanjut usia ini tetapi masih aktif mendidik para santri -santriwati dilingkungan pesantren sudah selayaknya mendapatkan perhatian dan kepedulian atas pengabdian mereka.
 
Dikesempatan itu juga, Plt Bupati Palas memberikan sertifikat kepada pimpinan Ponpes Ma’had Al Amin Mompang sebagai ponpes terbersih.
 
"Saya bersama puluhan guru pesantren lainnya yang sudah lanjut usia  sangat bersyukur atas perhatian dan apresiasi yang diberikan Pemkab Padanglawas dibawah kepeminpinan Plt Bupati Palas,drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu.CHt.MM.MSi," tutur Ustad Sahminan yang diamini guru pesantren lainnya.
 
Sementara Kakan Kemenag kabupaten Padanglawas, H. Abdul Manan.MA  memberikan apresiasi terhadap pondok pesantren terbaik dalam kebersihan. Termasuk ponpes Al Amin Mompang, Al Mukhlisin dan Ponpes Al Ansor yang meraih sertifikat dan piagam dari pemerintah Kabupaten Palas.
 
Dipengujung kegiatan Perungatan Hari Santri,para pimpinan Pondok Pesantren sepakat untuk penobatan Plt Bupati Palas,drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu.CHt.MM.MSi sebagai keluarga besar Santri Palas.