PALAS - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa(PMD)Kabupaten Padanglawas menggelar santiaji pemilihan kepala desa gelombang II,di Aula Hotel Syamsiah Sibuhuan, Jumat (21/10/2022). Kegiatan santiaji dibuka oleh Plt Bupati Padanglawas,drg.H.Ahmad Zarnawi  Pasaribu.CHt.MM.M.Si didampingi Kadis PMD Palas M.Faisal Amrin Siregar.S.AP.MM. 
 
Peserta santiaji gelombamg ke II ini diikuti 103 Kepala Desa dan Panitia Pemilihan Kepala Desa(Pilkades) dan BPD Desa.
 
"Seluruh masyarakat dan panitia pilkades supaya menciptakan suasana kondusif jelang dan pasca pemilihan kepala desa nantinya dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan daerah," kata Plt Bupati Palas.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu.
 
“Berikan edukasi ke masyarakat dengan baik untuk ikut berpatisipasi dan mensukseskan Pilkades yang kondusif dengan melibatkan peran serta semua pihak,” katanya.
 
Ia menambahkan, tujuan kegiatan santiaji ini mensosialisasikan regulasi yang ada kepada panitia pemilihan kepala desa sesuai aturan dan ketentuan petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan.
 
Selain itu, Plt Bupati  juga mengingatkan, panitia pemilihan kepala desa agar tidak terlibat politik praktis, tidak boleh memihak kepada salah satu calon guna menjaga kekondusifan yang memberi rasa aman dan nyaman dipelaksanaan demokrasi pilkades.
 
Sebelumnya Kadis PMD Palas,M.Faisal Amrin Siregar.S.AP.MM didampingi Kabid Pemdes, M.Yusuf Hutajulu.ST mengatakan, 
melalui kegiatan santiaji pilkades ini dapat memberikan wawasan pengetahuan bagi panitia pilkades gelombang II.
 
"Untuk Pilkades gelombang II ini yang akan melaksanakan  pemilihan kepada desa di 103 Desa yang tersebar di 17 Kecamatan se Kabupaten Palas," terangnya.
 
Ia berharap, melalui santianji pilkades ini  diharapkan terciptanya demokrasi yang bermartabat dan kondusif ditingkat desa sehingga mewarnai  demokrasi berkualitas dan tanpa ada perselisihan yang menimbulkan ketidak kondusifan ditengah warga.
 
Kata Faisal,  untuk Pilkades Gelombang II tahun 2022 ini di wilayah Kabupaten sebanyak 103 Desa yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa serentak direncanakan digelar pada tanggal 14 Desember 2022.
 
"Mari kita semua mengawal pelaksanaan Pilkades yang damai dan berkualitas sebagai bentuk demokrasi yang menjunjung tinggi kearifan lokal,” harapnya.
 
Hadir  di kegiatan tersebut, Staf Ahli Bupati Drs.Irwan Halomoan MM, Inspektur Harjusli Fahri Siregar SSTP M.SI CGCAE, Kasatpol PP Damkar, Agus Saleh Daulay SH MM, seluruh Camat, Sekcam dan Panitia Pilkades  Gelombang II dan BPD Desa.
 
Keterangan Photo :Plt Bupati Palas,drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu.CHt.MM.MSi membuka kegiatan santiaji Pilkades gelombang ke II.