PALAS -Sebanyak 768 santri dari berbagai pondok pesantren mengikuti kegiatan perkemahan pramuka santri ke II Kwartir Cabang Kabupaten Padanglawas (Palas). Kegiatan perkemahan dilaksanakan di bumi perkemahan Darurrisalah Padang Hunik,Desa Sayur Mahincat, Kecamatan Aek Nabara Barumun.
 
Bertindak sebagai pembina upacara,Plt Bupati Padanglawas,drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu.CHt.MM.MSi selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang(Kamabicab) Kwarcab Pramuka Palas.
 
“Melalui perkemahan pramuka santri ini sebagai bentuk  menjalin persudaraan dengan sesama santri dari seluruh gugus depan pramuka untuk membangun ukhuwah Islamiyah," katanya, Kamis (20/10/2022).
 
Dikatakan, kegiatan perkemahan pramuka santri ini menjadi kuat menghadapi tantangan kemajuan zaman yang terus mengalami perubahan di era digital saat ini.
 
"Dengan perkemahan santri ini dapat menjalin persaudaraan yang lebih kuat dalam membangun karakter generasi muda yang berakhlak mulia," pesannya.
 
Plt Bupati juga mengingatkan, kepada seluruh anggota pramuka,harus siap menghadapi tantangan perubahan yang datangnya begitu cepat.Sehingga anggota pramuka harus  merespon dengan cepat guna  menginovasi perkembangan agar tidak tertinggal.
 
Oleh karena itu, lanjutnya  jangan pernah kita merasa puas apa yang kita capai, terus pelajari, praktekkan hal-hal yang baru sehingga bisa membawa kemajuan untuk diri kita, ummat, bangsa dan negara yang  kita cintai,” tambah H.Ahmad Zarnawi.
 
Sebelumnya Ketua Panitia, Ahmad Husein Harahap memaparkan, kegiatan perkemahan santri II ini di ikuti 669 santri ditambah 69 pembina dengan total  jumlah keseluruhan peserta 768 peserta.
 
"Kegiatan Pamuka Santri II digelar selama tiga hari mulai 19 - 22 Oktober 2022," terangnya.
 
Usai dbuka Plt Bupati,sambungnya ditandai dengan penyematan tanda peserta kepada tiga perwakilan anggota pramuka secara sinbolis.
 
Tampak hadir dikegiatan perkemahan santri tersebut, Wakapolres Palas,Kompol JW Sijabat, Kakan Kemenag, Abdul Manan SH MH, Pimpinan OPD, Kepala Cabang Bank Sumut, Ketua Kwarcab Palas Zainuddin Hasibuan.S.Pd MM, Ketua BSPPL Palas, H Fauzan Hamidy Hasibuan, Pimpinan Ponpes se Palas dan  Camat se Eks Barumun Tengah.