TOBA -  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif membuka secara resmi Kegiatan Toba Jou Jou Festival 2022 secara online Senin, (17/10/2022).
 
Pembukaan peresmisan pelaksanaan kegiatan ditandai dengan pemukulan tagading oleh Bupati Samosir, Anggota Komisi 11 DPR RI, Gus Irawan Pasaribu, Kepala Perwakilan BI Sumut dan Direktur Destinasi Pariwisata BPODT Jimmi Bernando Panjaitan beserta unsur Forkopimda Kabupaten Samosir secara offline dengan kegiatan "Toba Festival Jou-Jou 2022" yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan (KPw) BI Sibolga bertemlat di kampung ulos Huta Raja, Desa Lumban Suhi Suhi, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Menparekraf Sandiaga Solahuddin Uno yang hadir secara virtual dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pengembangan destinasi wisata yang didukung potensi UMKM lokal sangat diperlukan dalam upaya pemulihan ekonomi dan pendapatan devisa.

“Sebagai upaya kontribusi dalam pemulihan ekonomi, promosi perdagangan nasional, kontribusi dalam mendukung Presidensi G20 Indonesia, gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Wisata Indonesia melalui pengembangan wisata dan UMKM, maka kegiatan Toba Joujou Festival 2022, secara resmi saya buka,” ujar Sandiaga Uno.

Dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI), Gerakan Nasional Bangga Berwisata (GBWI) #dilndonesiaAja, serta Presidensi G20 Indonesia untuk mendorong pemulihan ekonomi Nasional pasca pandemi covid 19 yang berangsur semakin membaik di Indonesia.

Dalam memeriahkan pelaksanaan acara seorang Desainer Nasional Wignyo Rahadi akan menampilkan produk disianernya tentang kain unggulan UMKM binaan dan mitra.

Kepala BI Sibolga Yuliansah Andrias dalam penuturannya menyampaikan, Festival ini sekaligus menyemarakkan Hari Ulos Nasional 2022,”.dengan tujuan Toba Jou Jou 2022 sebagai upaya pemulihan ekonomi dan promosi perdagangan melalui dukungan pada pariwisata dan UMKM di berbagai sektor potensial.

Gus Irawan Pasaribu dalam pemaparannya menyampaikan, kegiatan
Toba Jou Jou Festival 2022 yang digelar tahun ini diharpakan mampu menjadi penggerak pelaku UMKM dan pelaku wisata di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba.

“Cara ambil bagiannya antara lain seperti yang diinisiasi oleh Bank Indonesia menggerakkan UMKM dan pelaku wisata yang ujungnya adalah penghasilan devisa bagi negara,” tandas Anggota Komisi XI DPR RI H.Gus Irawan Pasaribu.

Sesuai perencanaan di kegiatan Toba Jou Jou Festival 2022 berlangsung selama 2 hari dan akan ditutup Selasa (18/10/2022), Jou Jou Festival merupakan salah satu flagship event yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sibolga yang bersinergi dengan beberapa stakeholder seperti Kementerian Pariwisata, Pemerintah kabupaten Samosir, Badan Pelaksana Otorita Danau Toba, Bank BRI, Bank BNI serta beberapa UMKM yang ada di kawasan Danau Toba.

Terpisah Dirut BPODT Jimmi Bernando Panjaitan dalam keterangannya yang disampaikan Direktur Komblik BPODT kepada www.gosumut.com Selasa, (18/10/2022) menyebutkan, Di dalam Toba Jou Jou Festival terdapat beberapa rangkaian acara seperti Toba Jou Jou Show, Toba Jou Jou Fair, dan Toba Jou Jou Forum yang berupa sosialisasi dan kampanye pengembangan Desa Wisata, Hilirisasi Produk Tenun Ulos, serta Dukungan Ekspor yang turut menghadirkan fashion show kolaborasi antara KPW BI Sibolga.

"BPODT sangat mengapresiasi kegiatan Jou-Jou Festival yang dilaksanakan di Samosir. Kegiatan ini sebagai bentuk kontribusi dalam pemulihan ekonomi dan pengembangan wisata dan UMKM di kawasan Danau Toba".

Festival ini juga akan dimeriahkan oleh musisi nasional yang akan menghibur pengunjung Toba Jou Jou Festival 2022 seperti Viky Sianipar dan Marsada Band.

Disebutkannya, untuk rangkaian acara Toba Jou Jou Festival 2022 untuk Penyelenggara Festivalnya adalah Bank Indonesia Perwakilan Sibolga.

“Festival ini sekaligus menyemarakkan Hari Ulos Nasional 2022,”.tandasnya.